Breaking News:

Ini Aturan Bersepeda di Jalan, dari Harus Pakai Rem Hingga Spakbor, Tak Ada Aturan Pakai Helm

Persyaratan bersepeda di jalan yang dimaksud meliputi menggunaan spakbor, lampu dan bel. Berikut persyaratan lengkapnya:

WARTA KOTA/DESY SELVIANY
Petugas Dishub dan Polantas berpatroli mengamankan jalur sepeda di Jalan Tomang Raya, Jakarta Barat, Senin (25/11/2019). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA --Pemerintah kini telah menerbitkan peraturan bersepeda di jalan raya yang menitik beratkan pada aspek keamanan bersepeda di jalan.

Dalam surat yang ditandatangai Kepala Biro Hukum Kemenhub Wahyu Adji tertanggal 14 September 2020, dibeberkan peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 59 Tahun 2020 tentang keselamatan pesepeda di jalan, yang telah diundangkan dalam dalam berita Negara Republik Indonesia tahun 2020 nomor 938 untuk disosialisasikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam peraturan menteri tersebut terdapat pasal tentang keselamatan bersepeda.

Di pasal 2 tertulis bahwa persyaratan keselamatan bersepeda, sepeda yang beroperasi di jalan harus memenuhi persyaratan keselamatan.

Persyaratan yang dimaksud meliputi menggunaan spakbor, lampu dan bel.

Permenhub Diterbitkan, Atur Sepeda Wajib Pakai Spakbor, Bel, dan Pedal dengan Pemantul Cahaya

Berikut persyaratan lengkapnya:

a. Spakbor, digunakan untuk mengurangi percikan air ke arah belakang dan memiliki lebar paling sedikit sama dengan telapak ban.

Namun pada pasal 4, ada pengecualian penggunaan spakbor untuk sepeda balap dan sepeda gunung, dan jenis sepeda lain sesuai dengan ketentusan perundang-undangan.

 b. Bel, atau alat yang menghasilkan bunyi yang dapat bersumber dari listrik atau getaran dan harus berfungsi dengan baik.

c. Sistem rem, berupa suatu rangkaian yang terdapat dalam sepeda untuk memperlambat atau menghentikan laju sepeda dan harus berfungsi dengan baik.

SEPEDA Harus Pakai Spakbor, Bel, dan Ada SNI Sesuai Permenhub tentang Keselamatan Pesepeda, Kecuali

Halaman
123
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved