Jalur Sepeda

Dishub DKI Klaim Operator Setuju, Tol Layang Wiyoto-Wiyono Dipakai untuk Jalur Sepeda

Berdasarkan pendataan sementara dari Dinas Perhubungan, kata dia, jumlah pesepeda road bike cukup banyak di Ibu Kota.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Murtopo
Pixabay
Ilustrasi seseorang bersepeda. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengklaim, operator tol layang lingkar dalam Jakarta Wiyoto-Wiyono setuju dengan usulan pemerintah daerah soal penggunaan satu ruas tol sisi barat sebagai jalur sepeda balap (road bike).

Hal itu terungkap saat Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berkoordinasi dengan operator tersebut, yakni PT Citra Marga Nushapala Persada Tbk (CMNP).

“Prinsipnya setuju untuk diselenggarakan di jalan tol,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo pada Jumat (28/8/2020).

Meski demikian, kata dia, usulan tersebut tidak bisa dieksekusi karena belum mendapat persetujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Anies Minta Izin Menteri PUPR agar Jalan Tol Dalam Kota Bisa Digunakan untuk Jalur Sepeda

Permohonan itu sebetulnya telah disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui surat resmi kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pada 11 Agustus 2020 lalu

“Untuk (izin Kementerian PUPR) belum karena masih dikaji,” ujar Syafrin.

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta telah mengundang stakeholder terkait soal rencana tersebut pada 18 Agustus 2020 lalu.

Partai Pendukung Minta Anies Kaji Ulang Usulan Penggunaan Ruas Jalan Tol untuk Jalur Sepeda

Rapat itu dihadiri oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Korps Lalu Lintas Mabes Polri, Dirlantas Polda Metro Jaya, BUJT, Jasa Marga dan Kodam Jaya.

“Prinsipnya mereka mendukung untuk ini bisa terselenggara, karena ini semacam roadbike event, jadi nanti seminggu sekali dan peluang dalam regulasi memungkinkan namun untuk penyelnggara tetap menunggu izin dari Menteri PUPR,” ungkapnya.

Berdasarkan pendataan sementara dari Dinas Perhubungan, kata dia, jumlah pesepeda road bike cukup banyak di Ibu Kota.

JALUR SEPEDA di Sudirman-Thamrin Diperlebar Jadi 2 Lajur Meski HBKB Minggu 19 Juli 2020 Ditiadakan

Jumlahnya sekitar ribuan pesepeda yang tersebar di lima wilayah kota Jakarta.

“Jumlahnya cukup banyak, tapi saya nggak pegang datanya,” jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono agar mengizinkan pesepeda road bike (balap) melintasi di ruas tol.

Adapun ruas tol yang diminta adalah tol layang lingkar dalam Jakarta Wiyoto-Wiyono ruas Cawang-Tanjung Priok setiap hari Minggu dari pukul 06.00-09.00.

Berdasarkan data yang diterima, surat permohonan bernomor 297/-1.792.1 tertanggal 11 Agustus 2020 itu telah disampaikan Anies.

Surat yang hanya ditujukan kepada Menteri PUPR Basuki tersebut, berisi permohonan pemanfaatan ruas jalan tol layang lingkar dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo membenarkan surat itu. Kata dia, surat tersebut telah disampaikan Anies kepada Basuki. (faf)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved