Breaking News:

Berita Jakarta

Hadapi Puncak Arus Balik Libur Idul Adha pada Malam Nanti, Berikut Skenario Ditlantas Polda Metro

Hadapi Puncak Arus Balik Libur Idul Adha pada Malam Nanti, Berikut Skenario Ditlantas Polda Metro, Mulai dari Contra Flow hingga One Way Tol Cikampek

Warta Kota
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Bundaran HI Jakarta, Minggu (2/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya sudah menyiapkan skenario untuk menghadapi kepadatan kendaraan di ruas tol saat arus balik Libur Idul Adha.

Diperkirakan, sekitar 300.000 kendaraan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat, akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya, pada Minggu (2/8/2020).

"Kami sudah menyiapkan skenario rekayasa lalu lintasnya, jika terjadi kemacetan," kata Sambodo di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu (2/8/2020).

Rekayasa lalu lintas tersebut dijelaskan Sambodo antara lain penerapan contra flow kendaraan mulai dari KM 60 sampai KM 47.

Langkah tersebut dijelaskannya bertujuan untuk mengurangi kepadatan.

"Kalau itu tidak menolong, maka contra flow diperpanjang sampai KM 28. Jika itu juga tidak menolong, maka contra flow akan diperpanjang lagi sampai KM 2.800," kata Sambodo.

Viral Monyet Disiksa Pawang Topeng Monyet, Dipukul dan Ditarik Rantai yang Menjerat Lehernya

Polemik Pengeboran Panas Bumi Dieng-Patuha, Kuasa Hukum PT Bumigas Energi Pertanyakan IUP dan WKP

Lalu kata Sambodo, jika dengan langkah itu kemacetan tetap terjadi maka pihaknya akan menerapkan one way atau satu arah dimana seluruh jalur di ruas tol untuk kendaraan yang menuju ke Jakarta.

"Dan kalau memang situasi membutuhkan, maka bisa saja malam ini kita melaksanakan one way atau satu arah di ruas tol, menuju Jakarta," kata Sambodo.

Untuk mengantisipasi kemacetan ini, kata Sambodo pihaknya sudah meminta ke pengelola tol untuk menyiapkan petugas mobile reader.

"Ini semacam petugas yang membawa mesin pembaca kartu tol, dan mendatangi pengendara untuk mentap kartu pembayaran tol. Sehingga antrean di gerbang tol diminimalisir," kata Sambodo.

Arus Balik Libur Idul Adha Diprediksi Capai 300.000 Kendaraan, Puncaknya pada Minggu (2/8/2020) Sore

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved