ARUS MUDIK

Ditjen Hubdat Budi Setiyadi, Minta Masyarakat Waspadai Kepadatan Volume Kendaraan di Jalan Tol

Kepadatan tersebut dilaporkan mulai meningkat sejak Senin 27 Juli 2020.

dephub.go.id
Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Budi Setiyadi meminta masyarakat untuk mewaspadai arus mudik di jalan tol yang akan mengalami kepadatan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah sekaligus menjadi masa libur panjang buat sebagian masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

Akibatnya, terjadi kepadatan arus lalu lintas yang cukup signifikan lantaran dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian ke luar daerah.

Kepadatan tersebut dilaporkan mulai meningkat sejak Senin 27 Juli 2020.

Tercatat kenaikan sebesar 0,3 persen atau 123.764 kendaraan pada 27 Juli 2020. 7,4 persen atau 132.494 kendaraan pada 28 Juli 2020.

Pemprov DKI Diminta Bentuk BUMD untuk Ambil Alih Pengelolaan Enam Ruas Jalan Tol

Dan 18 persen atau 145.596 kendaraan pada 29 Juli 2020 yang keluar dari sejumlah jalur tol di Jakarta.

Kendaraan melintas di Gerbang Tol Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (9/4/2020). Operasional ruas tol menuju dan dari Ibu Kota tetap berjalan meskipun adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta
Kendaraan melintas di Gerbang Tol Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (9/4/2020). Operasional ruas tol menuju dan dari Ibu Kota tetap berjalan meskipun adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Budi Setiyadi, mengatakan terjadi peningkatan lalu lintas volume kendaraan dari Jakarta ke arah Jawa Tengah dibandingkan lalu lintas di hari biasa.

Polisi Sebut Puncak Arus Mudik Idul Adha 30 Juli, ini Titik Kemacetan yang bisa Dihindari

Hal ini berdasarkan pemantauan kenaikan volume lalu lintas di Gerbang Tol Palimanan pada Jumat (31/7) dini hari pukul 03.00 WIB.

Kepadatan arus lalu lintas tersebut dialami sejumlah tol antara lain Gerbang Tol Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa, dan Ciawi.

Sedangkan pada arah sebaliknya, kepadatan kendaraan menuju gerbang masuk Jakarta juga mengalami kenaikan sebesar 16-18 persen, terpantau melalui keempat gerbang tol yang sama.

Suasana jalan tol Bawen, Jawa Tengah saat volume kendaraan meningkat drastis
Suasana jalan tol Bawen, Jawa Tengah saat volume kendaraan meningkat drastis (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Sementara itu, data terbaru di Tol Cikampek Utama per 30 Juli kemarin diperkirakan sebanyak 55 ribu kendaraan melintas.

Halaman
12
Editor: Umar Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved