Breaking News:

Virus Corona

5 Daerah Tertinggi Penambahan Kasus Covid-19, Diduga Akibat Mudik Idhul Adha yang Masih Berlangsung

Terjadi penambahan kasus corona tertinggi di Lima Provinsi di Indonesia, diduga salah satu sebabnya adalah mudik Idhul Adha

Biro Pers Setpres/Lukas
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, memberi penjelasan tentang data terbaru penanganan Covid-19. Update Kamis sebanyak 5 provinsi alami kenaikan tertinggi kasus corona diduga karena mudik hari raya Idhul Adha 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, ada lima provinsi dengan penambahan kasus Covid-19 yang tinggi.

Hal itu diketahui dari data perkembangan kasus harian Covid-19 per 29 Juli 2020.

Menurut Wiku, penambahan kasus Covid-19 di lima daerah tersebut terkait erat dengan mobilitas masyarakat yang mudik menjelang Idul Adha.

Tak Seperti Idul Fitri, Masyarakat Bebas Mudik pada Hari Raya Idul Adha 2020, Begini Alasannya

Cerita Rebutan Mobil Katana dari Denny Sumargo Berlanjut, Komika Babe Cabita Boyong Abraham Wenas

"Ini adalah daerah-daerah yang kebetulan juga daerah tujuan mudik. Ini adalah kasus dalam satu hari," kata Wiku dalam konferensi pers di BNPB, Kamis (30/7/2020).

Kelima provinsi tersebut adalah DKI Jakarta sebanyak 577 kasus, Jawa Timur 359 kasus, Jawa Tengah 313 kasus, Sumatera Utara 241 kasus, dan Sulawesi Selatan 128 kasus.

Wiku menuturkan, penambahan kasus tersebut perlu menjadi perhatian masyarakat, terutama dalam rangka perayaan Idul Adha.

Kembali Bergabung ke Tim Persikabo 1973, Ini Ungkapan Guntur Triaji

 Ia meminta masyarakat yang akan mudik agar mempertimbangkannya kembali dan sebisa mungkin menghindarinya jika tidak terlalu mendesak.

"Karena penyumbang kasus besar (Covid-19) adalah daerah-daerah tujuan dan asal mudik," kata Wiku.

Oleh karena itu, ia menyarankan masyarakat mengakses situs www.covid19.go.id untuk mengetahui kondisi daerahnya masing-masing sesuai zonasi peningkatan risiko kasus.

Hal tersebut penting untuk menjadi acuan dalam rangka menjalankan protokol kesehatan selama perayaan Idul Adha.

Halaman
1234
Editor: Wito Karyono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved