Breaking News:

Liga 1

Sebagai Pendukung Garis Keras, PAS 1973 Selalu Berada di Belakang Persikabo Bogor

PAS 1973 memegang prinsip untuk selalu berada di belakang pahlawan kami Persikabo Bogor.

istimewa
Kelompok suporter Persikabo PAS 1973 Bogor. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Hadirnya kelompok suporter PAS 1973 menjadi warna sendiri bagi Persikabo 1973.

PAS 1973 merupakan kelompok suporter resmi yang berdiri di luar kelompok Ultras Persikabo Curva Sud (UPCS) dan Kabomania.

PAS 1973 berdiri tahun 2019 dan secara terang-terangan mendukung merger Persikabo Bogor PS Tira sejak awal musim, sebelum kemudian kembali pada nama Persikabo 1973.

Ketua Harian PAS 1973, Bayu mengatakan berdirinya PAS 1973 tak terlepas dari rasa bangga yang tertanam di dalam jiwa lantaran berpijak di Bumi Tegar Beriman.

"Kami keluarga besar PAS 1973 memegang prinsip untuk selalu berada di belakang pahlawan kami Persikabo Bogor. Saat 2019 seluruh fans berhenti mendukung di dalam ataupun luar lapangan," kata Bayu.

"Saat itu kami berada dalam Kabomania dan memutuskan keluar. Ketua Umum kami (Jive) secara resmi memutuskan bahwa kita siap kibarkan bendera sendiri (PAS 1973) untuk mendukung PS Tira Persikabo pada saat itu agar tidak hilang. Kami selalu berjuang untuk mengembalikan nama dan logo Persikabo seutuhnya," sambungnya.

Mendagri Tito Karnavian Siap Tambah Pasukan Jika Masih Kurang untuk Tangkal Teror KKB Papua

Polisi Selidiki Dugaan Keterlibatan Ibu Tiri Terkait Kasus Penganiayaan Anak di Duren Sawit

Persikabo memang tipikal. Wilayahnya berada di antara dua suporter berkasta yakni Jakmania pendukung Persija Jakarta dan Bobotoh atau Viking pendukung Persib Bandung.

Tahun 2019, Polres Bogor pernah mengumpulkan pendukung Persib dan PS Tira Persikabo serta perwakilan The Jakmania. Polres mengantisipasi agar mereka tidak bentrok saat menyaksikan laga Persib di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor pada September 2019.

Eksistensi suporter Kabupaten Bogor tetap terjaga. Dan pada akhirnya ketika terjadi penolakan masuknya PS Tira ke dalam tubuh Persikabo dengan nama baru Tira Persikabo, PAS 1973 muncul. Memisahkan diri dari kelompok yang ada.

Dalam perjalanannya, PAS 1973 kerap mendapatkan perkataan sumbang dari berbagai pihak. Namun, soliditas yang kuat membuat PAS 1973 bertahan hingga nama Persikabo 1973 berhasil dikembalikan.

Halaman
12
Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved