Breaking News:

Berita Bekasi

Ada 4.042 Bangku Kosong di SDN, DPRD Minta Pemkot Sisir Warga Tak Mampu Tak Lolos Seleksi PPDB

DPRD Kota Bekasi meminta Pemerintah Kota Bekasi melakukan penyisiran kepada warga tak mampu yang tak lolos seleksi sekolah dasar negeri (SDN).

Wartakotalive/Muhammad Azzam
Ilustrasi SDN Kayuringin 3, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - DPRD Kota Bekasi meminta Pemerintah Kota Bekasi melakukan penyisiran kepada warga tak mampu yang tak lolos seleksi sekolah dasar negeri (SDN).

Alasannya, pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) online 2020 di Kota Bekasi menyisakan 4.042 bangku kosong di SDN Kota Bekasi.

"Harus disisir untuk mempermudah akses pendidikan. Jangan sampai sisa kuota banyak tapi ada warga enggak mampu tidak masuk," kata Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi, Sardi Effendi,  Rabu (15/7/2020).

Dia mengatakan, ribuan sisa kuota yang tak terisi membuat angka partisipasi kasar (APK) dan angka partisipasi murni (APM) sekolah di Kota Bekasi menurun.

PPDB Selesai, 4.042 Bangku Kosong Tingkat SD Negeri di Kota Bekasi Tak Terpakai

VIDEO: PPDB DKI Jakarta, Ada 10 Bangku Kosong di SMAN 12

Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan upaya menjaga angka partisipasi sekolah yang  hampir menginjak angka 90 persen.

"Jangan sampai angka partisipasi kasar dan angka partisipasi murni sekolah kita ini menjadi rendah,” ucapnya.

Menurut Sardi, kuota siswa tersisa berada di SDN perbatasan Kota Bekasi dengan Kota Depok dan Kabupaten Bogor maupun Bekasi.

Penerapan sistem zonasi kuota dalam kota lebih besar dibandingkan luar kota sangat membantu warga sekitar sekolah masuk SDN.

Selain itu, bisa dimungkinkan karena lokasi sekolah jauh dari permukiman warga Kota Bekasi karena dekat dengan pemukiman daerah tetangga  membuat kuota masih tersisa banyak.

“Maka harus dievaluasi, bisa cek ke lapangan seperti kondisi bisa sampai banyak bangku kosong. Ini menjadi evaluasi dan perbaikan kedepan," tuturnya.

Bangku Kosong di SMAN 12 Sudah Terisi, Jatah Guru, Anak Tenaga Medis Covid-19 dan Inklusi

Bangku Kosong Jadi Harapan Terakhir Bagi Calon Siswa Berburu Bangku Sekolah Negeri

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved