Berita Jakarta

Gandeng Alfamart, Pemkot Jaksel Luncurkan Gerakan Penggunaan Kantong Ramah Lingkungan di Minimarket

Gandeng Alfamart, Pemkot Jaksel Luncurkan Penggunaan Kantong Ramah Lingkungan. Tujuannya agar kantong plastik tidak kembali digunakan di Minimarket

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Sekretaris Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin bersama perwakilan Alfamart, Fathurrahman meluncurkan penggunaan kantong ramah lingkungan di Alfamart Jalan Sirsak Nomor 2, persis depan Kecamatan Jagakarsa, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Rabu (1/7/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Mewujudkan wilayah Jakarta Selatan bebas kantong plastik sekali pakai, Pemkot Jakarta Selatan bersama Alfamart meluncurkan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan.

Kegiatan tersebut digelar di Alfamart, Jalan Sirsak Nomor 2, persis depan Kecamatan Jagakarsa, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Rabu (1/7/2020). 

Dalam sambutannya Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Munjirin didampingi Camat Jagakarsa, Alamsyah mengungkapkan, penggunaan kantong belanja ramah lingkungan berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 142 tahun 2019 tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan di pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat.

Dirinya pun menyampaikan terima kasih kepada Alfamart yang telah ikut berperan aktif dalam mengimplementasikan gaya hidup baru tersebut. 

"Untuk itu, dalam rangka mengurangi sampah kantong plastik dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat, diperlukan langkah langkah strategi yang komprehensif dan terpadu," ungkap Munjirin pada Rabu (1/7/2020).

KAGET Bank Dunia Naikkan Peringkat Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Kata Luhut

"Tujuannya dalam upaya pencegahan dan penanganan terhadap dampak negatif penggunaan kantong belanja berbahan plastik, khususnya dari pelaku usaha dan pasar rakyat," tambahnya.

Terkait hal tersebut, Munjirin menghimbau agar semua pihak dapat ikut berpartisipasi aktif untuk dapat meningkatkan kualitas lingkungan di wilayah Jakarta Selatan yang lebih bersih, indah, nyaman, tertib dan lebih baik dari sekarang.

"Diharapkan pemberlakuan kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan, terkhusus di setiap gerai Alfamart dapat mengurangi menumpuknya sampah plastik," jelasnya.

Larangan Penggunaan Kantong Plastik Diberlakukan Mulai Hari Ini, Wali Kota Jaksel Sidak Pasar Santa

Masyarakat Sudah Mulai Beralih

Sementara itu, Government Relation and Corporate Communication Regional Manager Alfamart Fathurrahman menjelaskan, Alfamart mendukung kebijakan larangan penggunaan kantong plastik karena memiliki tujuan yang baik.

Bahkan konsumen katanya juga sudah mulai terbiasa membawa tas belanja sendiri saat berbelanja.

“Di mulai dari program KPTG (Kantong Plastik Tidak Gratis) yang Alfamart jalankan satu tahun lalu dan selama itu pula konsumen kami punya kesadaran untuk tidak lagi meminta kantong plastik, maka sosialiasi kepada mereka tentang pergub ini akan lebih mudah dilaksanakan,” terangnya.

Sosialisasi yang dilakukan Alfamart yakni saat akan melakukan pembayaran, pegawai mini market akan menginformasikan soal pelarangan penggunaan kantong plastik sesuai peraturan gubernur ini.

Survei: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil Masuk Top Three Pemilu 2024

Bentuk pengumuman yang dilakukan juga melalui peraga seperti poster yang ditempel di toko atau melalui konten-konten kreatif di media sosial.

Namun sebagai alternatif apabila konsumen tidak membawa tas belanja sendiri, Alfamart juga menyediakan tas belanja ramah lingkungan yang bisa digunakan berulang kali dengan harga yang terjangkau.

“Sebelum DKI Jakarta, beberapa daerah juga telah melaksanakan peraturan serupa seperti Pulau Bali, Kota Banjarmasin dan kota lainnya, Alfamart pun patuh terhadap peraturan tersebut,” tambah dia.

Alfamart berharap ada konsistensi dan kesadaran diri dari kita untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

“Yang dibutuhkan adalah konsistensi bukan hanya dari sisi pengusaha ritel, tapi masyarakat dan pemerintah juga. Sehingga bisa menjadi budaya baru dan berdampak baik terhadap upaya kita bersama menjaga lingkungan,” tutupnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved