RUU HIP

Soal Pembakaran Bendera PDIP, Begini Kata Ketua DPC Kota Bekasi Tri Adhianto

Kader dan simpatisan Partai PDI Perjuangan di sejumlah daerah melakukan aksi demo akibat buntut pembakaran bendera partainya di aksi demo RUU HIP

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Andy Pribadi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ketua DPC PDIP Kota Bekasi Tri Adhianto saat ditemui di Taman Danita, Mekarsari, Kecamatan Bekasi Timur, pada Jumat (26/6/2020) malam. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Kader dan simpatisan Partai PDI Perjuangan di sejumlah daerah melakukan aksi demo akibat buntut pembakaran bendera partainya di aksi demo penolakkan RUU HIP (rancangan undang-undang haluan ideologi pancasila) di DPR, Jakarta pada Rabu (24/6/2020).

Tak terkecuali di wilayah Kota Bekasi, massa aksi melakukan demo dengan long marh dari kantor DPC (dewan pimpinan cabang) PDIP ke Polres Metro Bekasi Kota.

Massa aksi itu menuntut agar pelaku pembakaran bendera partai PDI Perjuangan ditangkap, termasuk dalangnya.

Pihak Ketua DPC PDIP Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan bahwa ada tiga tagline atau poin utama dari kejadian pembakaran bendera PDIP tersebut.

Pertama ialah, proses yang ada dilaksanakan harus sesuai dengan hukum bukan hanya mencari pelaku pembakarannya, akan tetapi aktor intelektualnya.

"Jadi itu saya kira harus di jadi tagline nya mencari aktor intelektual terkait dengan pembakaran dari pada bendera PDIP itu," kata Tri, pada Jumat (26/6/2020) malam.

Tri menlanjutkan kemudian yang kedua yakni mempersonifikasikan bahwa partai PDIP sebagai PKI itu tidak benar.

Dirinya menegaskan PDIP itu partai beragama dan paling depan dalam menegakkan Pancasila, dengan Bung Karno sebagai pencetusnya.

"Saya sampaikan bahwa kita orang beragama bahwa kita partai paling terdepan dalam rangka untuk menegakkan Pancasila, itu sudah menjadi dasar kehidupan dan itu sudah bagian dari ajaran Bung Karno.

"Jadi tidak akan pernah PDIP akan menghilangkan Pancasila," ungkap Tri yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bekasi.

Terakhir, Tri meminta agar para kader dan simpatisan PDI Perjuangan Kota Bekasi membuktikan partainya disiplin dan memegang teguh perintah garis partai dalam menyikapsi kasus pembakaran bendera ini.

"Kita buktikan partai kita adalah partai disiplin, kemudian memegang teguh apa yang sudah menjadi perintah garis partai menjadi partai yang tertib terorganisir dan tentunya partai yang terus dekat dengan masyarakat," paparnya.

Bendera PDIP Dibakar, Massa PDIP Geruduk Mapolres Metro Jakarta Utara

Pembakaran bendera Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam aksi penolakan Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Kamis (25/6/2020) berbuntut panjang.   

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved