Transportasi

Peresmian 4 Stasiun Ini Menjadi Kado Ulang Tahun PT MRT Jakarta

Empat stasiun yakni Stasiun Juanda, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Tanah Abang, menjadi Stasiun Terpadu, Rabu (17/6/2020).

Dok Kementerian BUMN
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri BUMN Erick Thohir, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan empat stasiun terpadu di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/6/2020). Empat stasiun tersebut Stasiun Tanah Abang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Juanda dan Stasiun Sudirman. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANAH ABANG - Empat stasiun yakni Stasiun Juanda, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Tanah Abang, diresmikan menjadi Stasiun Terpadu, Rabu (17/6/2020).

Peresmian keempat stasiun itu dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN),dan  Kementerian Perhubungan, di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, peresmian empat stasiun ini bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

Pasukan Gegana Brimob Semprot Kawasan Stasiun Tanah Abang dengan Disinfektan

Hari Kedua Masuk Kerja, Stasiun Tanah Abang Lebih Sepi Ketimbang Hari Pertama saat New Normal

Menurut Anies Baswedan,  peresmian empat stasiun itu merupakan 'kado' untuk PT MRT Jakarta melalui perusahaan patungan dengan Kementerian BUMN melalui PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ).

“PT MRT Jakarta (ulang tahun)persis hari ini. Selamat kepada seluruh jajaran Pak Dirut MRT Jakarta (William Sabandar), persis pak ini seperti kado ulang tahun,” kata Anies dalam sambutannya di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/6/2020) siang.

Dia mengatakan, penataan kembali stasiun ini membuat suasana  stasiun menjadi lebih baik.

Pada empat bulan lalu, kata dia, Stasiun Tanah Abang cukup kumuh sehingga nilai estetikanya kurang.

Warga DKI Kaget, Kawasan Stasiun Tanah Abang Jadi Lebih Tertata Setelah Jadi Kawasan TOD

VIDEO: Kawasan Stasiun Tanah Abang Jadi Transit Oriented Development, Penghubung Berbagai Moda

“Dulu di sini kawasan kumuh, jauh dari aman, tidak sehat dan kurang sedap dipandang, apalagi jadi gambar selfie. Alhamdulillah sekarang berubah menjadi fasilitas publik yang nyaman,” ujarnya.

Menurutnya, penataan stasiun ini menunjukkan bahwa pemerintah pusat maupun daerah peduli terhadap warganya, terutama yang biasa naik angkutan umum.

Saat warga Jakarta berdiam di rumah selama pandemi virus corona atau Covid-19, pemerintah justru melakukan pembangunan konstruksi untuk melayani warganya.

“Selama satu bulan ini sejak pertengahan Mei sampai sekarang, kami semua melihat banyak sekali postingan dan cerita yang menyampaikan apresiasi karena terjadi perubahan (penataan stasiun),” katanya.

Antrean Penumpang di Stasiun Tanah Abang saat Diberlakukan Pembatasan Waktu Operasional KRL

VIDEO: Jalur Kereta Terendam Banjir, Ani Tahun Baruan di Stasiun Tanah Abang Sampai Pagi

Dalam peresmian itu hadir Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Penataan stasiun ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama (PKS) antara Pemprov DKI Jakarta dengan Kementerian BUMN pada 10 Januari 2020 lalu.

Saat itu, mereka sepakat membangun perusahaan patungan dalam upaya mengintegrasi angkutan darat dengan berbasis rel di wilayah Jabodetabek.

Komposisi kepemilikan sahamnya, 51 persen dikuasai Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dan 49 persen dikuasai Kementerian BUMN melalui PT Kereta Api Indonesia. 

Anies Baswedan Minta ke Erick Thohir Agar Stasiun Jakarta Kota Ditata

Bus Sekolah Jakarta Setidaknya Angkut 400 Warga Dari Stasiun Daerah Penyangga

Penataan stasiun menjadi stasiun terpadu untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat saat menunggu angkutan umum.

Misalnya,naik turun ojek online,  ojek pangkalan, bajaj, bus kecil (Jak Lingko dan regular), lokasi halte transjakarta, mikrotrans, dan lain-lain.

Tak hanya penataan jalur naik-turun angkutan umum, penataan fasilitas dan sarana- prasarana juga telah dilakukan.

Seperti  membenahi selasar dan fasilitas pejalan kaki, lay bay bus TransJakarta, penyediaan rambu pengarah hingga penataan pedagang kaki lima.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved