Peringati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni Libur Nasional, Upacara Tetap Digelar

Guna memperingati Hari Lahir Pancasila, BPIP menyelenggarakan upacara bendera di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Editor: Mohamad Yusuf
Warta Kota/Henry Lopulalan
Presiden Joko Widodo memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (1/6). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyebut bahwa dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, pada 1 Juni 2020 akan tetap digelar upacara.

Meskipun telah ditetapkan pada 1 Juni merupakan hari libur nasional dan kini di tengah-tengah masa pandemi virus corona.

Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Juni 2016 telah memutuskan bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila.

Melalui Keputusan Presiden tersebut maka tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional dan Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

 Total 2.900 Kendaraan Diputarbalikkan Akibat tidak Punya SIKM

 Jalani Sidang Perdana, Lucinta Luna Mengaku Dikasih Tiga Butir Ekstasi dari Wanita tidak Dikenal

"Pertimbangan penetapan hari lahir Pancasila adalah untuk melengkapi sejarah ketatanegaraan Indonesia," dikutip dari siaran pers yang diterima Warta Kota, Jumat (29/5/2020).

Selain itu agar bangsa Indonesia, dari waktu ke waktu dari generasi kegenerasi, dapat mengetahui asal usul Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia.

Sehingga kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Guna memperingati Hari Lahir Pancasila, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (sebelumnya Unit Kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila) sejak tahun 2017 hingga 2019 menyelenggarakan upacara bendera di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta," tulisnya.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Presiden Republik Indonesia. Upacara diikuti oleh para pejabat tinggi negara dan pimpinan Kementerian/Lembaga. 

Selain upacara bendera secara nasional di halaman Gedung Pancasila, upacara bendera juga diselenggarakan di seluruh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota, sekolah-sekolah dan berbagai kelompok masyarakat.

 Cerita Novel Baswedan ka Aa Gym, Ditemui Anak Muda yang Bilang,Saya tidak Kasihan dengan Pak Novel

 Warga di Kelurahan Tanjung Priok Ramai-Ramai Tolak Paket Bansos Pemprov DKI, ini Alasannya

 3 SKPD Pemprov DKI ini tidak Tangani Pandemi Corona, Tapi dapat TKD Penuh, DPRD: Gubernur harus Adil

Selain melaksanakan upacara bendera, dilaksanakan pula berbagai kegiatan lain seperrti lomba-lomba, donor darah dan bakti sosial. 

Memperhatikan amanat dari Keppres Nomor 24 tahun 2016 agar masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setaip tanggal 1 Juni maka pada tahun 2020 ini kembali akan diselenggarakan upacara bendera Hari Lahir Pancasila.

"Upacara akan diselenggarakan di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri. Gedung Pancasila adalah salah satu gedung bersejarah bagi bangsa Indonesia dimana gagasan mengenai Pancasila dibahas dalam sidang BPUPK di tempat ini pada 29 Mei – 1 Juni 1945."  

Bahwa upacara bendera Hari Lahir Pancasila tetap diselenggarakan meskipun di tengah pandemic Covid-19, tidak terlepas dari upaya untuk senantiasa mengingat sejarah kelahiran Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved