PSBB Jakarta

Cegah Keramaian di Pasar Tanah Abang, Satpol PP Jakarta Pusat Bakal Lakukan Cara Ini

Pedagang kaki lima sudah berulang-ulang ditertibkan petugas tetap saja datang kembali dan meramaikan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Warta Kota/Joko Supriyanto
Kepala Seksi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Jakarta Pusat Gatra Pratama, di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (20/5/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANAH ABANG - Pedagang kaki lima sudah berulang-ulang ditertibkan petugas tetap saja datang kembali dan meramaikan Pasar Tanah  Abang, Jakarta Pusat.

Mereka tetap menggelar lapak di trotoar dan mengundang pembeli.

Apalagi menjelang Lebaran, PKL semakin menjamur di Tanah Abang meskipun sedang diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Untuk mengatasi kondisi di Pasar Tanah Abang, Kepala Seksi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Jakarta Pusat Gatra Pratama berencana akan menerapakan langkah penertiban kembali.

Pemkot Jakarta Pusat Bersama Polres Pantau Situasi PKL Tanah Abang

VIDEO: Masih Ramai, Pemkot Jakarta Pusat Kembali Tertibkan PKL Tanah Abang

Namun sebelum melakukan langkah penertiban,  pihaknya berencana akan melakukan pemetaan terlebih dahulu, seperti titik-titik mangkal para PKL ini.

"Jadi ke depannya kita akan lebih dulu di sini (titik keramaian Pasar Tanah Abang). Jadi seperti konsep pendudukan di Senen. Kita sedang siapkan personelnya," kata Gatra Pratama di Tanah Abang, Rabu (20/5/2020).

Dia mengatakan, personel akan melakukan taktik seperti penertiban PKL di Senen pada Desember 2019 sehingga para PKL  tidak lagi menduduki  trotoar.

"Kita sedang siapkan personel. Kemudian kita siapkan penempatan tiap anggota, lalu pemetaan dari titik-titik poin yang memang poin tersebut titik keramaian," katanya.

Ditertibkan Satpol PP, PKL Tanah Abang: 3 Hari Saja Dibolehkan kenapa Sih? Ini Urusan Perut, Pak!

Jelang Lebaran Pengujung Pasar Jatibaru Tanah Abang Membludak, Melanggar PSBB?

Gatra Pratama mengatakan,  pihaknya akan bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk membantu menjaga titik-titik keramaian itu.

Tak hanya melakukan penjagaan, petugas juga akan melakukan patroli keliling.

"Ya kita pengennya secepatnya ya, supaya menghindari semakin banyak kerumunan," ucapnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Tanah Abang, Budi mengatakan, sejauh ini pihaknya telah berusaha melakukan imbauan kepada para pedagang  setiap hari.

Selain di Trotoar AURI, Satpol PP Tertibkan PKL Tanah Abang, Terbukti Melanggar PSBB

VIDEO: Mobil Gunner Penyemprot Disinfektan Beroperasi di Tanah Abang

Bahkan tindakan tegas penyegelan dan tindak pidana ringan (tipiring) pun dilakukan.

"Mereka itu kan sebenarnya bisa beralih berjualan via online, karena kalo di sini mereka membuka dagangan pembeli pun akan berdatangan," kata Budi.

"Di sini tidak akan terjadi physical distancing, tidak akan ada jaga jarak," kata Budi lagi.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved