Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

2 Contoh Teks Khutbah untuk Salat Idul Fitri yang Bisa Dilakukan di Rumah, Dilengkapi dengan Takbir

Kalau dilakukan di rumah bersama keluarga, tidak diwajibkan bagi Imam untuk berkhutbah. Namun kalau pun dilakukan akan mendapat pahala.

freepik.com
Ilustrasi -- Khutbah Imam di Hari Raya Idul Fitri 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Fatwa MUI mengatakan ibadah salat ied untuk daerah yang zona merah Covid-19 sebaiknya dilakukan di rumah. 

Kalau dilakukan di rumah bersama keluarga, tidak diwajibkan bagi Imam untuk berkhutbah. Namun kalau pun dilakukan akan mendapat pahala.

Berikut ini Wartakotalive.com berikan 2 contoh Kutbah sesudah Salat Idul Fitri yang dikutip dari Nu Online dan Rumaysho.

Naskah tersebut dibuat rutin tiap tahun, dengan para penulis yang kompeten di bidangnya. Materi masing-masing khutbah pun bervariasi, mulai soal makna kefitrian, konsumerisme, renungan capaian Ramadhan kita, solidaritas sosial, dan lain sebagainya.

CONTOH Khutbah Idul Fitri di Rumah Aja Versi Ustaz Abdul Somad, Lengkap dengan Panduan Takbir

TIGA Isi Seruan MUI dan DMI DKI Jakarta Soal Salat Idul Fitri 1441 H,Warga Diimbau Mengikuti

Meskipun, tentu saja dalam aspek tertentu kadang terselip kesamaan dalil atau penjelasan pada sebagian naskah-naskah khutbah itu.

Hal ini maklum karena semuanya berbicara dalam konteks yang sama, yakni Idul Fitri.

1.  Khutbah Idul Fitri: Mewujudkan Rasa Kasih Sayang

الله ُأَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ الله ُأَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ الله ُأَكْبَرُ كَبِيْرًا، وَالحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْراً، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاَ، لاَإِلهَ إِلاَّالله ُوَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ لَاإِلهَ إِلاَّالله ُوَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيّاَهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ المُشْرِكُوْنَ وَلَوْكَرِهَ الكاَفِرُوْنَ وَلَوْكَرِهَ المُناَفِقُوْنَ. الحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ حَرَّمَ الصِّياَمَ أَيّاَمَ الأَعْياَدِ ضِياَفَةً لِعِباَدِهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّالله ُ لاَشَرِيْكَ لَهُ الَّذِيْ جَعَلَ الجَّنَّةَ لِلْمُتَّقِيْنَ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَناَ وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ االداَّعِيْ إِلىَ الصِّراَطِ المُسْتَقِيْمِ . اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَباَرِكْ عَلىَ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنَ. أَماَّ بَعْدُ فَيَآأَيُّهَاالمُؤْمِنُوْنَ وَالمُؤْمِناَتِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ. وَاتَّقُوْا الله َحَقَّ تُقاَتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Hadirin jamaah shalat ied yang mulia Pada hari ini kita ditakdirkan oleh Allah untuk memasuki hari Idul Fitri sebagai tanda berakhirnya puasa Ramadhan tahun ini.

Dengan tambahan umur yang diberikan Allah kepada kita, kita bisa berbahagia hari ini, karena tidak ada kebahagiaan yang lebih indah daripada dzikir, bertakbir dan bertahmid menonorsatukan Allah. 

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved