Kilas Balik

Soeharto atau Sultan Hamengku Buwono IX Penggagas Serangan Umum 1 Maret 1949, Ini Jawabannya

Terungkap Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta menjadi satu episode penting dalam sejarah revolusi Indonesia.

Editor: Andy Pribadi
Spaarnestad Photo/Hugo Wilmar
Tentara Republik di Yogyakarta; Desember 1947. 

WARTAKOTALIVE.COM, PALMERAH - Terungkap Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta menjadi satu episode penting dalam sejarah revolusi Indonesia.

Waktu itu alasan serangan diawali Agresi Militer Belanda II, Belanda berhasil menduduki Kota Yogyakarta, yang saat itu merupakan Ibukota Republik Indonesia.

Setelah kota Yogyakarta diduduki, Belanda berturut-turut berusaha menduduki kabupaten-kabupaten sekitar Kota Yogyakarta yaitu Sleman, Bantul, Kulon Progo, dan akhirnya Gunung Kidul.

TNI merebut kembali Yogyakarta sebagai ibukota perjuangan RI selama enam jam dalam Serangan Umum 1 Maret 1949
TNI merebut kembali Yogyakarta sebagai ibukota perjuangan RI selama enam jam dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 (Tribunnewswiki.com/gahetna.nl)

Kondisi tersebut jelas makin tak nyaman bagi sebagian besar warga Yogyakarta hingga serangan pun terjadi. Serangan ini pun menjadi eksistensi Indonesia di tingkat internasional.

Serangan Umum 1 Maret 1949 membawa dampak yang sangat besar bagi pihak Indonesia yang sedang bersidang di Dewan Keamanan PBB.

Serangan ini menjadi bukti keberadaan dan memperkuat posisi tawar Indonesia dalam perundingan di Dewan Keamanan PBB serta membuka mata dunia Internasional bahwa TNI tidak hancur seperti yang digembar-gemborkan Belanda.

Siapa Penggagas?

Beberapa waktu lalu sempat terjadi polemik, siapa penggagas Serangan Umum 1 Maret 1949.

Banyak diantara catatan sejarah menyebutkan Soeharto merupakan penggagas serangan spektakuler tersebut.

Namun ada juga yang menyebutkan penggagas serangan tersebut adalah Sultan Hamengku Buwono IX..

Tribunjambi.com melansir tulisan Hariadi Saptono dari buku "Sepanjang Hayat Bersama Rakyat, 100 Tahun Sultan Hamengku Buwono IX terbitan Kompas, berdasarkan dokumen-dokumen asli yang dimiliki Arsip Nasional RI, semakin jelas penggagas Serangan Umum (SU) 1 Maret 1949 adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX (almarhum).

Sri Sultan Hamengku Buwono IX
Sri Sultan Hamengku Buwono IX (profilbos)

Sebuah dokumen hasil wawancara mendiang Raja Yogyakarta dengan radio BBC London tahun 1980-an secara jelas mengatakan hal itu.

Dari wawancara itu juga terungkap peran mantan Presiden Soeharto, yang kompilasi itu masih berpangkat Letnan Kolonel hanya sebatas sebagai pelaksana.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved