PSBB Bandung Raya

Ridwan Kamil: Jabar Terbanyak Terapkan PSBB, 5 Daerah Bodebek 5 Bandung Raya, Menkes Minta Konsisten

Jabar dipastikan menjadi menjadi provinsi dengan wilayah paling banyak menetapkan PSBB. Yakni daerah di Bodebek lalu diikuti wilayah Bandung Raya

Editor: Wito Karyono
Tangkap Layar Akun Instagram @ridwankamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau produksi 1 juta masker bedah per hari. Masker tersebut prioritas untuk Jabar yang kini terbanyak dalam penerapan PSBB. Setelah itu untuk Indonesia, bahkan impor kalau masih banyak. 

WARTAKOTALIVE.COM, BANDUNG -- Jabar dipastikan menjadi menjadi provinsi dengan wilayah paling banyak menetapkan PSBB.

Setelah PSB di Bodebek 15 April lalu, giliran wilayah Bandung Raya akan menerapkan hal serupa mulai 22 April mendatang.

Dengan keputusan itu, Jawa Barat merupakan daerah yang paling banyak melakukan PSBB setelah sebelumnya kawasan Bodebek lebih dahulu memulai.

"Ini artinya PSBB di Jabar paling banyak di Indonesia, meliputi 10 kota kabupaten, lima zona Bodebek, dan sekarang di zona Bandung Raya," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,  Jumat (17/4/2020).

Anies dan Ridwan Kamil Minta Layanan KRL Dihentikan Selama PSBB, Luhut Panjaitan Bersikeras Menolak

BMKG Jelaskan Lengkap Penyebab Suhu di Bandung Raya Menjadi Lebih Dingin

Bodebek antara lain meliputi Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Bekasi, serta Kota Depok.

Adapun Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang.

Menurut Ridwan Kamil,  penentuan tanggal 22 April penerapan SPB di Bandung Raya merupakan hasil diskusi dengan lima kepala daerah pada awal pekan lalu.

"Kami sudah mendapatkan surat dari Menkes yang isinya memberikan keputusan bahwa kemenkes menyetujui untuk pemberlakuan PSBB di wilayah metropolitan Bandung Raya," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Geger Erick Thohir Sentil Soal Mafia Alat Kesehatan, Begini Respon KPK dan Asosiasi Pengimpor

Menurut Emil, persiapan kelima daerah telah seratus persen. Saat ini, ia meminta agar setiap daerah segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Persiapan PSBB di Bandung Raya sudah 100 persen dari sisi teknis, kepolisian, TNI dan lain-lain. Hanya masih perlu melakukan sosialisasi, oleh karena itu sosialisasi dilakukan empat hari kepada seluruh RW dan pihak terkait, setelahnya Rabu dini hari 22 April akan dilakukan PSBB," papar Emil.

Menkes Minta Diterapkan Konsisten

Seperti diketahui, Wilayah yang akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bertambah.

Yaitu wilayah Bandung Raya ((Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun secara resmi mengumumkan pemberlakuan PSBB  Bandung Raya dimulai pada 22 April 2020 nanti, selama dua pekan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved