Virus Corona Jabodetabek

RATUSAN Pekerja Kontrak di Bandara Soetta Protes Dipecat Sepihak Imbas Wabah Corona

Ratusan pekerja kontrak di PT Aerofood ACS Bandara Soekarno Hatta pun dipecat karena dampak Covid-19.

Wartakotalive.com/Andika Panduwinata
Sejumlah pekerja kontrak di PT Aerofood ACS Bandara Soekarno Hatta yang dipecat karena dampak Covid-19 melakukan konsolidasi untuk memprotes kebijakan pemecatan mereka. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Andika Panduwinata

WARTAKOTALIVE.COM, BANDARA - Penyebaran Virus Corona sangat berdampak pada sektor ekonomi masyarakat. Bahkan berimbas pada diberhentikannya pekerja di Bandara Soekarno Hatta Tangerang.

Ratusan pekerja kontrak di PT Aerofood ACS Bandara Soekarno-Hatta pun dipecat karena dampak Covid-19.

Pihak Serikat Buruh Gerakan Buruh Katering (SB GEBUK) memprotes sikap anak perusahaan PT Garuda Indonesia BUMN atas kebijakan pemecatan pekerja itu.

Sejumlah pekerja kontrak di PT Aerofood ACS Bandara Soekarno Hatta yang dipecat karena dampak Covid-19 melakukan konsolidasi untuk memprotes kebijakan pemecatan mereka.
Sejumlah pekerja kontrak di PT Aerofood ACS Bandara Soekarno Hatta yang dipecat karena dampak Covid-19 melakukan konsolidasi untuk memprotes kebijakan pemecatan mereka. (Wartakotalive.com/Andika Panduwinata)

“Ya, ada 445 buruh kontrak bahkan lebih yang di PHK (pemutusan hubungan kerja),” ujar Isan selaku Ketua SB GEBUK, Selasa (31/3/2020).

Menurutnya, dalam pemecatan sepihak ini pekerja tidak pernah diajak berdialog untuk membicarakan efesiensi dampak pandemi Covid-19 tersebut.

“Manajemen mengaitkan pemecatan ini dengan corona, namun pekerja yang telah banyak berkontribusi dengan perusahaan menutup diri dengan alasan seperti,” ucapnya.

Isan menyebut perusahaan telah jelas melanggar regulasi ketenagakerjaan dengan semena-mena memperlakukan para buruh.

Mereka menolak PHK dan menuntut dipekerjakan kembali atau hak mendapat pesangon dibayarkan sesuai dengan aturan UU Ketenagakerjaan.

“Pemecatan ini sepihak, karena tidak sesuai dengan aturan UU Ketenagakerjaan yang berlaku,” kata Isan. (dik)

Halaman
1234
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved