Virus Corona

Antisipasi Mudik Lebaran Ditengah Wabah Corona, 3 Hal ini Akan Dilakukan Dirjen Perhubungan Darat

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan saat ini masih terus dirapatkan imbauan untuk tidak mudik lebaran guna mencegah penyebaran corona

Antisipasi Mudik Lebaran Ditengah Wabah Corona, 3 Hal ini Akan Dilakukan Dirjen Perhubungan Darat
Wartakotalive.com/Adhy Kelana
Arus balik pemudik Lebaran di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur masih terlihat ramai, Rabu (12/6). 

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan saat ini masih terus dirapatkan soal imbauan untuk tidak mudik lebaran guna mencegah penyebaran virus corona.

Apalagi saat ini warga di Jakarta sudah melakukan mudik awal. 

Kementerian Perhubungan, melalui Dirjen Perhubungan akan melakukan beberapa simulasi untuk antisipasi mudik lebaran tersebut.

"Kami melakukan imbauan agar masyarakat tidak melakukan mudik. ada beberapa skema yang kami coba lakukan simulasinya," ujar Budi Setiyadi kepada Kompas TV seperti dikutip Wartakotalive.com, Jumat (27/3/2020).

Berikut ini 3 skema yang akan dilakukan Perhubungan Darat:

1. Kita akan mengurangi angkutan umum dari Jakarta ke Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Dengan begitu diharapkan akan mengurangi keinginan warga Jabotabek untuk mudik. Namun kemungkinan mereka akan beralih pakai kendaraan pribadi atau motor

Luhut: Pemerintah Tengah Siapkan Kebijakan Tidak Mudik, Tidak Piknik Lebaran 2020

2. Untuk kendaraan logistik seperti arahan dari Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan akan diberikan keleluasaan menjalankan aktivitas kegiatan

3. Akan melakukan pembatasan sama sekali, dalam hal ini jalan tol akan tidak bisa dilalui kendaraan. Namun demikian bisa jadi kita akan mengarahkan masyarakat untuk lewat jalan-jalan nasional atau jalan propinsi tapi ini akan lebih membahayakan karena membuka kemungkinan interaksi antara pemudik dan masyarakat di sepanjang jalan Pantura. 

Kumpulan Doa Agar Terhindar dari Wabah Virus Corona Hingga Disarankan Konsumsi Kurma

Namun demikian hal ini masih akan terus dirapatkan di Kementerian Perhubungan. 

"Kami mengharapkan ada pelarangan sama sekali untuk mudik. Jadi tidak ada pergerakan sama sekali. Work from home, school from home. Kita lagi rembuk tanggalnya untuk masyarakat tidak boleh mudik sama sekali," kata Budi.

Halaman
1234
Penulis: Dian Anditya Mutiara
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved