Dukung Para Petugas Kesehatan, SPPSI Beri Bantuan Berupa Beragam APD

secara rinci, bantuan APD itu adalah RSUD Tanjung Priok mendapat 50 unit baju pelindung, 50 kaca mata, empat boks masker, dan satu boks sarung tangan

Dukung Para Petugas Kesehatan, SPPSI Beri Bantuan Berupa Beragam APD
istimewa
SPPSI menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada RSUD Koja dan RSUD Tanjung Priok dalam menangani pasien virus corona (Covid-19) pada Kamis (26/3/2020) 

Dua RSUD milik Pemprov DKI yang menangani pasien Covid-19 menerima bantuan alat pelindung diri (APD) dari Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI).

Kedua rumah sakit itu adalah RSUD Kecamatan Tanjong Priok dan RSUD Koja. Ketua Umum SPPSI, Muhammad Syafirin, mengatakan, APD yang diberikan berupa pakaian khusus anti virus, masker, sarung tangan dan kacamata Google. Seluruh peralatan itu diberikan secara langsung ke rumah sakit tersebut. Kamis (26/3/2020).

Apa Sih Rapid Test Virus Corona dan Bagaimana Tahapan Pemeriksaannya?

Intip Gaya Para Selebritas Kondang Ketika Berjemur Pagi Untuk Mencegah Virus Corona

Presiden Jokowi Ikuti KTT Luar Biasa G20 Secara Virtual, Ajak Pemimpin Dunia Menangi Dua Peperangan

“Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh perwakilan SPPSI Jakarta yang diterima oleh masing-masing perwakilan rumah sakit,” kata Syafirin berdasarkan keterangan resmi, Kamis (26/3/2020).

Menurut dia, bantuan ini diberikan untuk meringankan dan mempermudah petugas kesehatan dalam menangani pasien Covid-19. Alat itu, kata dia, juga dapat memastikan mereka terlindungi dari penyakit menular saat menyentuh bagian tubuh pasien.

“Kami menyadari bahwa penanganan virus tidak hanya tugas pemerintah, tapi tugas bersama. Melalui alat yang diberikan ini, setidaknya dapat meringankan dokter dan perawat dalam menunaikan tugas mulianya kepada pasien,” ujar Syafirin.

Kata dia, bantuan yang diberikan ini sekaligus untuk menjawab kecemasan tenaga kesehatan soal minimnya APD. Kondisi ini membuat mereka cenderung terganggu dalam melaksanakan tugasnya karena khawatir tertular penyakit dari pasien.

Pemkab Kepulauan Seribu Semprotkan Cairan Disinfektan ke Lingkungan di 11 Pulau Permukiman

PERSENTASE Kematian Indonesia Terbesar di ASEAN dan No 4 di Dunia,Akankah Segera Dilakukan Lockdown

Dinilai Berdampak Buruk Lingkungan, Warga Lebak Bulus Ancam Blokir Proyek Hunian Aparthouse Emerald

“Masker dan sarung tangan yang diberikan ini juga dapat dimanfaatkan oleh petugas rumah sakit lainnya, seperti petugas yang menyiapkan makanan, petugas keamanan dan petugas kebersihan rumah sakit,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Jenderal SPPSI, M Anis, menambahkan, bantuan yang diberikan tidak hanya digalang dari anggota SPPSI saja, melainkan dari pekerja Pertamina lainnya yang merasa prihatin melihat kondisi pandemi virus corona.

Dompet Dhuafa Serahkan Bantuan Tiga Bilik Sterilisasi untuk Pemprov DKI

Secara rinci, bantuan APD itu adalah RSUD Tanjung Priok mendapat 50 unit baju pelindung, 50 unit kaca mata, empat boks masker, dan satu boks sarung tangan. Sementara, RSUD Koja menerima bantuan berupa 100 unit baju pelindung, lima boks masker, 100 unit kacamata Google, dan dua boks sarung tangan.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved