Pemkab Kepulauan Seribu Semprotkan Cairan Disinfektan ke Lingkungan di 11 Pulau Permukiman

Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan oleh petugas gabungan seperti Sudin Kesehatan, serta Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan

Pemkab Kepulauan Seribu Semprotkan Cairan Disinfektan ke Lingkungan di 11 Pulau Permukiman
istimewa
Petugas melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan di Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Sebanyak 11 pulau berpenduduk yang berada di Kabupaten Kepulauan Seribu disemprot cairan disinfektan secara bersamaan untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan oleh petugas gabungan seperti Sudin Kesehatan, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Satpol PP, dan lain-lain. Satu unit kendaraan operasional juga tidak luput dikerahkan untuk memudahkan penyemprotan cairan disinfektan secara mobile.

Dompet Dhuafa Serahkan Bantuan Tiga Bilik Sterilisasi untuk Pemprov DKI

Begini Saran Lola Amaria Untuk Masyarakat Indonesia Supaya Virus Corona Segera Berlalu

Ramalan Zodiak Jumat 27 Maret 2020 Libra Untung Besar, Scorpio Berlatih Hati-hati, Taurus Kecewa

Ketua Gugus Tugas Perce­patan Penanganan Covid-19 Kepulauan Seribu, Junaedi, mengatakan penyemprotan diawali di Pulau Tidung. “Kita lakukan penyemprotan massal di 11 pulau permukiman secara indoor dan outdoor,” ucap Junaedi, Kamis (26/3/2020).

Pria yang juga menjabat Wakil Bupati Kepulauan Seribu, itu mengatakan, penyemprotan diawali dari wilayah RW 02 Kelurahan Pulau Tidung hingga lokasi wisata Jembatan Cinta.

Menurut Junaedi, meski Kabupaten Kepulauan Seribu tidak termasuk dalam peta sebaran virus corona, upaya pencegahan secara maksimal harus tetap diberlakukan. “Ini agar semua wilayah terjangkau pencegahan penyebaran COVID-19 ini,” ujar Junaedi.

Selain itu pihaknya juga meminta kepada warga agar meningkatkan kesadaran untuk menjalankan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi dan rajin cuci tangan dengan sabun.

“Yang terpenting tetap jaga jarak sosial (social distancing) dan jaga jarak fisik saat berinteraksi,” ungkap Junaedi. Masyarakat juga diminta agar tidak keluar rumah atau keluar pulau apabila memang tidak ada keperluan atau kepentingan yang mendesak.

Banyak Pekerjaan Tertunda Karena Virus Corona, Prilly Latuconsina Manfaatkan Medsos Promosikan Buku

Surat dari Anies Baswedan Bikin Mewek Petugas Medis yang Merawat Pasien Corona

Adapun 11 pulau berpenduduk di Kabupaten Kepulauan Seribu yang disemprot disinfektan di antaranya Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang dan lain-lain.

Target

Ketua PMI Kepulauan Seribu, Natsir Sabara, mengatakan, untuk kegiatan penyemprotan disinfektan di permukiman warga bakal dilakukan secara rutin setiap minggunya. “PMI Kepulauan Seribu akan berupaya melakukan penyemprotan cairan disinfektan dua kali dalam sepekan,” ujar Natsir, Kamis (26/3/2020).

Banyak Pekerjaan Tertunda Karena Virus Corona, Prilly Latuconsina Manfaatkan Medsos Promosikan Buku

Tanggapan Pimpinan KPK Atas Usulan Sumbang Gaji 100 Persen ke Korban Corona, Pemerintah Masih Mampu

Pemkot Depok Siapkan Sembako Bagi Warganya Selama 14 Hari, Khusus ODP & PDP

Natsir menambahkan untuk lokasi target penyemprotan disinfektan akan dilakukan di dalam ruangan seperti rumah ibadah, gedung sekolah, hingga PAUD. Pihaknya juga akan berkolaborasi dengan Aparatur Sipil Negara mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kabupaten untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Kami akan siapkan bahannya, mulai dari alat dan obatnya, dengan dibantu tenaga aparatur agar penyemprotan lebih efektif,” ungkapnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved