Virus Corona

4 Tower Wisma Atlet Siap Tangani Pasien Virus Corona

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Wisma Atlet yang bakal dijadikan Rumah Sakit Darurat Penanganan Virus Corona.

Dokumentasi Kementerian PUPR
Menteri PUPR Basuki M dan Menteri BUMN Erick Tohir sedang meninjau persiapan Wisma Atlet sebagai Rumah Sakit Darurat Penanganan Virus Corona atau Covid-19, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020). 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan persiapan Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat Penanganan virus corona atau COVID-19.

Peninjauan Wisma Atlet itu turut dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Meteri Kesehatan Terawan Putranto.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Gugus Tugas COVID-19 Doni Monardo, dan Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Basuki mengatakan, pengerjaan dan perbaikan Wisma Atlet telah rampung 100 persen dan siap digunakan untuk rumah sakit darurat.

Menurut dia, Wisma Atlet sebagai rumah sakit darurat sebagai tindak lanjut perintah Presiden RI Joko Widodo atas permintaan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Ada tiga komponen pekerjaan yang dilakukan. Pertama pembersihan ruangan karena sudah lama tidak dipakai, termasuk penyemprotan disinfektan kemarin sore, 100 persen sudah selesai," kata Basuki di Wisma Atlet, Minggu (22/3/2020).

Wisma Atlet Hanya Dipergunakan untuk Pasien Positif Covid-19 dengan Kondisi Sakit Ringan

Sudah Siap! Mulai Senin 23 Maret RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Dioperasikan

Persiapan Wisma Atlet sebagai RS Darurat Penanganan Covid-19, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020).
 Persiapan Wisma Atlet sebagai RS Darurat Penanganan Virus Corona atauCovid-19, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020). (Dokumentasi Kementerian PUPR)

"Kemudian modifikasi perbaikan sedikit di lantai 1,2, dan 3 pada tower 7 yang akan dimanfaatkan sebagai RS Darurat dilengkapi dengan ruang laboratorium, farmasi, radiologi, dan ICU semua sudah siap," katanya.

Proses penyelesaian masih terus dilakukan untuk melakukan instalasi atau pemasangan peralatan medis yang semuanya sudah masuk ke Wisma Atlet Kemayoran.

"Siang ini akan diinstal semua peralatan medis portable, insya Allah malam ini sudah selesai semua."

"Selanjutnya kita bisa lakukan gladi resik untuk protokol pengaturan lalu lintas orang, sehingga pasien dan petugas tidak boleh berpapasan. Besok Senin, Insya Allah kita akan mulai operasionalnya," ujarnya.

Protokol terkait pelayanan kesehatan, kata Basuki, akan diatur oleh Kementerian Kesehatan yang operasionalnya  dibantu oleh TNI, Kepolisian, dan relawan, di bawah komando dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Sedangkan untuk bantuan alat-alat kesehatan akan dikoordinir oleh Kementerian BUMN. Jadi ini adalah bentuk sinergi Pemerintah untuk penanganan COVID-19," ujar Basuki.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved