Breaking News:

Virus Corona

Di Tengah Kontroversi Ekspor Masker ke China, Jack Ma Justru Sumbang Masker untuk Indonesia

Untuk Indonesia sendiri, bantuan yang dikirimkan berupa dua juta masker dan puluhan ribu alat kesehatan, baju pelindung dan pelindung wajah

businessweek
Jack Ma 

Masker jadi barang langka di Indonesia sejak awal tahun 2020 setelah munculnya kekhawatiran virus corona.

Harga masker di beberapa daerah juga melonjak tajam.

Di tengah kelangkaan masker, hingga Februari, Indonesia tercatat masih melakukan ekspor masker.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ada kenaikan besar nilai ekspor masker di Januari dan Februari 2020. Belakangan, setelah terjadi kelangkaan masker di tengah kepanikan virus corona, pemerintah memutuskan untuk menghentikan ekspor.

Miliarder China sekaligus pendiri e-commerce Alibaba, Jack Ma akan membantu Indonesia, dalam menangani penyebaran virus corona atau Covid-19.

Salah satu eksportir masker yakni PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI. BUMN ini memproduksi dan mengekspor masker lewat anak perusahaannya, PT Rajawali Nusino.

Wapres Maruf Amin Tanggapi Isu Menkes Terawan Dicopot Karena Dianggap Gagal Tangani Corona

Dalam memproduksi masker, RNI menggandeng PT Maesindo yang memiliki pabrik di Yogyakarta. Kapasitas produksi masker mencapai 10 juta pieces. Beberapa waktu lalu, RNI juga sempat mengekspor 3 juta lembar masker ke China untuk membantu penanggulangan corona.

Di tengah kontroversi itu, melalui Alibaba Foundation dan Jack Ma Foundation, miliader Jack Ma justru mengirimkan dua juta masker dan puluhan ribu alat kesehatan ke Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Melalui keterangan resminya pada Jumat (20/03/2020), bantuan ini sebagai dukungan Jack Ma kepada Indonesia dan negara di Asia Tenggara agar dapat menangani penyebaran Covid-19.

Meski Rugi Besar, Asphija Taati Keputusan Pemprov DKI Tutup Tempat Hiburan

Berikut Pandangan Sejumlah Tokoh Lintas Agama Soal Seruan Anies Ibadah di Rumah

“Kami akan terus bekerja sama dan mendukung negara-negara tetangga kami di Asia untuk bersama-sama menghadapi Covid-19,” ucap Jack Ma.

Halaman
123
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved