Breaking News:

Virus Corona

Berikut Pandangan Sejumlah Tokoh Lintas Agama Soal Seruan Anies Ibadah di Rumah

Keuskupan Agung Jakarta Romo Suyadi mengajak umat khususnya di Keuskupan Agung Jakarta untuk turut mengambil bagian dalam mengatasi wabah Covid-19

Wartakotalive.com/Fitriyandi Al Fajri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan sambutan dalam acara Musda Partai Golkar DPD DKI Jakarta ke-X di kantor DPD Golkar, Jalan Pegangsaan Barat, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (29/2/2020) malam. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan kepada masyarakat untuk melaksanakan kegiatan keagamaan di rumah masing-masing, bukan di rumah ibadah selama dua pekan.

Upaya ini dilakukan untuk menekan potensi penularan virus corona (Covid-19) yang terjadi di tengah masyarakat Jakarta.

Para tokoh agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta angkat bicara soal seruan Anies.

Mereka sepakat untuk mengikuti seruan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu demi keselamatan masyarakat Jakarta dari wabah corona.

Anies Baswedan Minta Warganya Tak Tinggalkan Jakarta Saat Wabah Corona Kian Merebak

Berkas Pemeriksaan Rampung, Model Majalah Dewasa Vitalea Sesha Segera Disidang Atas Kasus Narkoba

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta Munahar Muchtar mengatakan, seruan yang disampaikan Anies sejalan dengan Fatwa MUI Nomor 14 tahun 2020, sehingga ibadah yang dilakukan secara berjamaah agar ditunda akibat situasi yang dianggap sangat darurat.

“Dalam keadaan kondisi darurat dengan terjadinya penyebaran virus corona yang sudah amat sangat, diharapkan melaksanakan (ibadah) di kediaman masing-masing,” kata Munahar di Balai Kota DKI pada Kamis (19/3/2020).

Dalam kesempatan itu, Munahar mengimbau kepada masyarakat untuk menunda setiap kegiatan yang sifatnya berjamaah di masjid, baik majelis taklim atau salat Jumat.

Sentil Skandal Brompton, Senator Jatim Minta APD dan Rapid Test Kits Dapat Prioritas Masuk Indonesia

Ingin Coba-coba Jadi Youtuber, Kuli Bangunan Ditangkap Polisi Usai Sebarkan Konten Hoaks Soal Corona

“Kepada Allah memang dari segala musibah yang ada namun ikhtiar adalah merupakan kewajiban kita. Pemerintah DKI Jakarta berharap kepada kita agar supaya kita aman dan selamat dari keadaan yang saat ini sangat mengkhawatirkan,” ujar Munahar.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DKM) Makmun Al Ayyubi mengatakan, telah mengimbau kepada para DKM untuk meniadakan kegiatan Salat Jumat dahulu selama dua pekan di masjid.

Meski demikian, kata dia, imbauan yang dikeluarkan itu bukan berarti umat muslim meninggalkan kewajibannya untuk menunaikan salat.

Sebelum Divonis Positif Corona, Bima Arya Posting Video Imbauan Kepada Warga untuk Waspadai Covid-19

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved