Breaking News:

Virus Corona

PT KAI Larang Calon Penumpang Lanjutkan Perjalanan yang Suhunya di Atas 38 Derajat

Bebagai upaya dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops I Jakarta, guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Hertanto Soebijoto
Warta Kota/Rangga Bhaskoro
Proses penyemprotan cairan disinfektan di gerbong kereta jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (15/3/2020). 

Bebagai upaya dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops I Jakarta, guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kepala Humas PT KAI Daops I Eva Chairunisa menjelaskan, salah satu cara yang dilakukan pihaknya adalah melakukan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh calon penumpang sebelum jam keberangkatan.

"Upaya saat ini juga kita lakukan, sejak akhir Januari, kami tempatkan di sejumlah titik, sejak kemarin kami juga ada pengukuran suhu tubuh. Jadi bagi para penumpang, pengguna jasa yang akan melakukan proses boarding, mereka akan diukur dulu suhu tubuhnya, kalau di atas 38 derajat, petugas akan larang untuk berangkat," kata Eva di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (15/3/2020).

Calon penumpang yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat, kemudian dibawa ke pos kesehatan (poskes) yang telah disediakan di tiga stasiun keberangkatan kerera jarak jauh di Jakarta, seperti Stasiun Pasar Senen dan Gambir.

"Kalau diperlukan rujukan secara khusus, seperti suspek corona atau ada gejala yang mirip, tentu akan kami koordinasikan dengan rs rujukan. Karena kami juga sudah ada koodinasi dengan mereka," ungkap Eva.

 Anies Ajukan Surat kepada Kemenkes Soal Kewenangan DKI Tangani Corona

 Preview PS Tira Persikabo vs Persita Tangerang: Widodo C Putro Tak Ragu Ungkap Rahasia

 Liga 1 2020 Dihentikan 2 Pekan, Sergio Farias Berencana Liburkan Pemain Persija Jakarta

 Pemerintah Kota Depok Keluarkan Surat Edaran Lockdown Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Eva meminta agar masyarakat yang terdeteksi memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat untuk patut mengikuti prosedur dari PT KAI demi terhindarnya penyebaran virus corona.

"Apabila memang kedapatan suhu tubuh tinggi dan dilarang petugas untuk menggunakan jasa transportasi atau melanjutkan pemeriksaan ke rumah sakit, kami mohon para pengguna jasa bisa bekerjasama mengikuti prosesnya. Artinya tidak ada penolakan dan juga tidak ada hal yang tidak bisa diterima. Karena untuk kepentingan bersama," harapnya. (abs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved