Breaking News:

Virus Corona

Ini 5 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun yang Benar untuk Mencegah Virus Corona

Pengurus IDI memberikan upaya kegiatan edukasi untuk menjaga kebersihan dan mencegah kuman yang masuk ke dalam tubuh dengan mencuci tangan yang benar.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Fred Mahatma TIS
Istimewa
PB IDI bekerja sama dengan Perusahaan RB (Reckitt Benckier) Indonesia menggelar jumpa pers terkait edukasi masyarakat untuk melakukan kegiatan mencegah penyebaran virus, termasuk virus corona, di Jakarta, Jumat (31/1/2020). 

"Sabun yang memiliki fungsi membunuh kuman yang ada di tangan. Sabun yang mengandung antiseptic. Kalo hanya sabun parfum wangi saja dan tidak membunuh kuman di tangan sama saja..."

DAMPAK adanya virus corona yang bermula di Wuhan, Provinsi Hubei, China membuat berbagai wilayah melakukan antisipasi atas penyebaran virus tersebut, apalagi hingga saat jumlah kematian terus meningkat.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) memberikan upaya kegiatan edukasi untuk menjaga kebersihan dan mencegah kuman yang masuk ke dalam tubuh yaitu dengan mencuci tangan yang benar.

Video Tata Cara Pakai Masker yang Baik dan Benar Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Baru Pulang dari Korea Selatan, Begini Cara Jessica Veranda Menghindari Virus Corona

Dua Warga Depok Baru Pulang dari China Dikira Kena Virus Corona, Ternyata Hanya Flu Biasa

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Doktet Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih menyampaikan, dalam hal edukasi mencegah virus corona ini pihaknya akan bekerja sama dengan Reckitt Benckier (RB).

"Kegiatan ini sebenarnya dalam rangka kerja sama dengan Reckitt Benckier untuk melakukan edukasi kepada masyarakat, khususnya corona virus. Tadi disampaikan ada beberapa langkah promotif preventif pencegahan salah satunya cuci tangan," kata Daeng, Jumat (31/1/2020).

Hidup sehat

Daeng menyebut jika pneumonia pada virus corona mirip dengan pneumonia pada umumnya, hanya saja virus tersebut tergolong baru, dan belum memiliki vaksin yang dapat mencegahnya, sehingga perlu mendorong cara hidup sehat.

"Mencegah penularan antara lain menghindari kontak dengan penderita infeksi pernafasan, menghindari kontak dengan hewan liar, menjaga kebersihan tangan, serta mempraktekan etika batuk dan bersin," ujarnya.

Daeng merekomendasikan untuk dapat menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun.

Diharuskan sabun tersebut memiliki kandungan antiseptic. Jika tidak ada, dapat mengunakan alternatif lain seperti hand sanitizer.

"Sabun yang memiliki fungsi membunuh kuman yang ada di tangan. Sabun yang mengandung antiseptic. Kalo hanya sabun parfum wangi saja dan tidak membunuh kuman di tangan sama saja," katanya.

Cegah penyebaran kuman

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved