Lalu Lintas

Pengendara yang Merokok Termasuk dalam Kategori Pelanggaran dalam Penerapan Tilang Elektonik

Selain bisa memicu kecelakaan, banyaknya pengendara yang merokok di saat berkendara juga sering memicu perkelahian di jalan raya.

Pengendara yang Merokok Termasuk dalam Kategori Pelanggaran dalam Penerapan Tilang Elektonik
Warta Kota/Adhy Kelana
Ilustrasi. Mobil bak terbuka pengangkut kardus bernopol B 9408 AF nyaris terbakar di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, akibat puntung rokok pengendara. Api dapat dipadamkan petugas pemadam kebakaran sebelum membesar. 

BANYAKNYA pengendara kendaraan bermotor yang mengabaikan keselamatan dengan merokok sambil mengendarai kendaraan mereka akan dikenakan tilang elektronik.

Selain bisa memicu kecelakaan, banyaknya pengendara yang merokok di saat berkendara juga sering memicu perkelahian di jalan raya.

Banyak kasus keributan di jalan raya terjadi karena bara api rokok mengenai pengguna jalan lainnya bahkan bisa memicu kebakaran.

Dalam sejumlah kejadian kebakaran di sisi jalan, banyak antara lain terjadi sebagai akibat pembuangan puntung rokok yang kemudian menyambar ilalang dan memicu kebakaran.

Dingkap Kompas.com, tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE) sudah berlaku untuk mobil dan bulan depan diterapkan juga pada sepeda motor.

Jenis pelanggaran yang dicatat oleh CCTV kurang lebih sama antara mobil dan motor.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menjelaskan, kurang lebih sama seperti penerapan tilang elektronik pada pengemudi mobil.

Tetapi, ada beberapa penyesuaian dan tambahan satu, yakni tidak menggunakan helm.

"Kita akan melakukan sosialisasi dulu, dan untuk proses penindakannya sama seperti penerapan tilang elektronik pada pengemudi mobil," kata Fahri di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Pencegahan Corona Virus Ditingkatkan Rezim Komunis Cina pada Warga Wuhan Diwajibkan Memakai Masker

Halaman
1234
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved