Breaking News:

Dedi Mulyadi Gebrak Meja Saat Temukan Sampah Impor dalam Sidak di Tanjung Priok, Ini Penyebabnya

Dedi Mulyadi Gebrak Meja Saat Temukan Sampah Impor dalam Sidak di Tanjung Priok, Ini Penyebabnya

Editor: Wito Karyono
istimewa
Anggota DPR Dedi Mulyadi tampak geram dan sempat gebrak meja saat temukan sampah impor dalam sidakknya di Pelabuhan Tanjung Priok 

Komisi IV DPR RI melakukan sidak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (23/1/2020). Di lokasi, ditemukan sejumlah kontainer berisi limbah sampah impor dari luar negeri.

Sidak yang dihadiri pimpinan dan anggota Komisi IV DPR RI, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Perdagangan dan Bea Cukai itu ditemukan ada kontainer yang berisi sampah impor.

Sempat terjadi perdebatan antara rombongan dan perwakilan pemilik kontainer.

Kekhawatiran Persib Bandung Terusir dari Kota Bandung Tak Terjadi

Nihil Virus Corona di BRI, Terawan Konsen Pencegahan: Kalau Ada di Medan Saya ke Medan Sekarang

Debat terjadi lantaran perwakilan menyebutkan barang tersebut bukanlah sampah melainkan bahan baku yang akan didaur ulang menjadi plastik.

Komisi IV DPR RI membongkar kontainer sampah yang diimpor dari luar negeri di Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (23/1/2020)
Komisi IV DPR RI membongkar kontainer sampah yang diimpor dari luar negeri di Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (23/1/2020) (Handout)

“Orang juga sudah tahu ini bukan bahan baku, tapi sampah. Ini masih tampak luar, bagaimana kalau di bagian dalam ada limbah medis atau berbahaya lainnya,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi yang juga kepala rombongan, melalui keterangan tertulis, Kamis (23/11/2020).

Setelah membuka dua sampel kontainer berisi sampah, rombongan melakukan pertemuan untuk berdiskusi dengan pemilik barang tersebut.

Kekhawatiran Tenaga Honorer di Depok Membuncah Takut Dibuang Bila Penghapusan Tenaga Honorer Berlaku

Lagi-lagi perdebatan terjadi karena barang tersebut tak diakui sebagai sampah melainkan bahan baku yang akan diolah dan sah sebagai barang impor.

“Saya hanya bertanya ini sampah atau bahan baku,” tanya Dedi pada perwakilan pemilik kontainer.

“Nah secara kasat mata tadi bapak lihat, kita kan buka kontainer, nah itu sampah atau bahan baku?” timpal Ketua Komisi IV DPR RI Sudin.

MALAM Pertama Vanessa Angel-Bibi Ardiansyah Akhirnya Diungkap, Simak Gaya Bibi Saat Cerita Vanessa

“Bahan baku, Pak. Ini bisa diproses menjadi biji plastik,” ucap Basuki, perwakilan Sucofindo selaku pihak yang melakukan pemeriksaan, pengawasan, pengujian dan pengkajian kontainer tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved