Breaking News:

Pencak Silat

Ditetapkan Jadi Warisan Budaya oleh UNESCO, Pencak Silat Nusantara Siap Berkibar di Kancah Dunia

"Semoga tradisi pencak silat menyebar menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kemaslahatan manusia dan perdamaian dunia oleh Unesco."

Penulis: Feryanto Hadi | Editor: Intan Ungaling Dian
Warta Kota/Feryanto Hadi
Konferensi pers Festival Silat Tradisi Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (14/12/2019). 

Pencak silat adalah seni bela diri dari Indonesia.

Pencak Silat telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia tak benda (Intangible Cultural Heritage) oleh The United Nations Educational Scientific dan Cultural Organization (Unesco) di Bogota, Kolombia, Kamis (12/12).

Ketua Umum Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi), Anwar al Batawi mengaku bangga ketika mendapat kabar tersebut.

Haraoannya,  tradisi pencak silat ditetapkan sebagai Warisan Tak Benda oleh Unesco, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bisa menjadikan seni bela dini ini menjadi muatan lokal di sekolah tingkat SD hingga SMA.

"Sebagai upaya melestarikan tradisi ini sekaligus meregenerasi, sudah saatnya silat masuk dalam kurikulum sebagai muatan lokal di sekolah-sekolah," ujar Anwar di sela konferensi pers Festival Silat Tradisi Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (14/12/2019).

Olahraga Murah dan Mudah Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Lobak yang Perlu Anda Ketahui Untuk Kesehatan Tubuh dan Melawan Kanker

"Semoga tradisi pencak silat menyebar menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kemaslahatan manusia dan perdamaian dunia oleh Unesco," ucapnya.

Hadir dalam pembukaan festival silat itu, sekretaris Dinas Pariwisata DKI Jakarta H Asiantoro, Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Selatan H Imron Anggota DPRD DKI Jakarta H Purwanto.

Selain itu, H Datok Icuk Zulkafril MM MSi sebagai Ketua Dewan Pendekar PSN Perisai Putih.

Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Purwanto menambahkan, pencak silat sebagai warisan dunia itu harus  disikapi dengan upaya lanjutan untuk  pelestarian pencak  silat baik sebagai budaya maupun prestasi.

Hati-hati, Terobesi Makanan Sehat Bisa Menderita Gangguan Makan, Kenali Gejala Orthorexia

Ingin Tahu Makanan Sehat Apa Saja yang Bikin Perut Kembung dan Diare? Simak Ini

"Ini akan menjadikan semangat baru dalam upaya pelestarian kebudayaan khususnya kita yang ada di Betawi," kata Purwanto.

"Apalagi dengan adanya festival pencak silat dari Astrabi ini, memberikan bukti anak-anak kita berlomba melakukan prestasi."

"Diharapkan anak anak kita juga bisa berprestasi di dunia dan mampu melakukan pelestarian budaya di internasional," katanya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved