Breaking News:

Hari Disabilitas Internasional

Hari Disabilitas Internasional: Kekurangan Fisik Tak Surutkan Semangat Hasniah Jadi Perias Wajah

Hari Disabilitas Internasional: Kekurangan Fisik Tak Surutkan Semangat Hasniah Gapai Cita-cita Jadi Perias Wajah

Penulis: Feryanto Hadi | Editor:
Warta Kota/Feryanto Hadi
Hasniah (39) unjuk kemampuan menata rias di acara bertajuk The Insporation YOU yang digagas brand kosmetik Y.O.U di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019). 

Ketulusan menjadi sikap yang mendasari Hasniah (39) bersemangat menjalani kehidupannya saat ini meski dalam kondisi kekurangan dari sisi kemampuan mendengar dan berbicara.

Hasniah atau karib disapa Nia, sudah bisa berdamai dengan takdir. Sejak puluhan tahun lalu ia menjalani hari-hari dengan rasa syukur, mencoba memahami kondisinya dengan kacamata keberkahan dan percaya apa yang dimilikinya saat ini. Semuanya merupakan anugerah yang tak boleh diingkari.

Hasniah lahir di Jakarta dalam kondisi normal pada Oktober 1980. Proses kelahiran berjalan mulus tanpa gangguan medis.

Nia yang masih bayi tumbuh dengan sehat dan menjadi penggembira pada keluarga. Hingga suatu hari terjadi sesuatu yang akan dikenang sepanjang hidup.

Pada usia dua tahun, Nia mengalami insiden. Ia jatuh dari atas tempat tidur saat tengah asyik bermain.

Bagian kepalanya mengalami benturan keras. Ia tak sadar beberapa waktu lamanya.

Hasniah (39) unjuk kemampuan menata rias di acara bertajuk The Insporation YOU yang digagas brand kosmetik Y.O.U di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).
Hasniah (39) unjuk kemampuan menata rias di acara bertajuk The Insporation YOU yang digagas brand kosmetik Y.O.U di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019). (Warta Kota/Feryanto Hadi)

Beruntung dokter memberikan kabar melegakan. Tapi sekaligus terselip kabar getir. Nia selamat, namun pendengarannya akan terganggu.

"Dulu aku jatuh saat dua tahun. Jatuh dari tempat tidur sehingga jadi tidak bisa mendengar kemudian berpengaruh juga pada kemampuan berbicara," kata Nia melalui seorang penerjemah.

Nia  menceritakan kejadian awal yang membuatnya tidak bisa mendengar pada acara bertajuk The Insporation YOU yang digagas brand kosmetik Y.O.U di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Sejak itu Nia diajarkan dengan bahasa isyarat dan dilatih memahami gerak bibir orang, sehingga ia bisa berbicara meskipun dengan intonasi tidak fasih.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved