Sejak 35 Tahun Lalu, Soeharto Sudah Peringatkan Generasi Muda Soal Serbuan Produk Asing

Pasar lokal yang dibanjiri produk luar negeri kian menggerus ekonomi bangsa. Kekhawatiran itu rupanya telah diprediksi Soeharto sejak 35 tahun silam

Instagram tututsoeharto
KISAH Soeharto Sebelum Wafat, Mimpi Aneh Diceritakan dengan Nada Serius tapi Endingnya Bikin Tertawa 

Perkembangan teknologi informasi serta perdagangan bebas hingga pasar lokal yang terus dibanjiri produk luar negeri terus menggerus ekonomi bangsa.

Kekhawatiran tersebut rupanya sudah disampaikan Presiden kedua Republik Indonesia (RI), Soeharto sejak tiga dekade lalu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Siti Hardijanti Rukmana, putri sulung Presiden RI, Soeharto lewat akun twitternya @tututsoeharto49; pada Rabu (20/11/2019).

Dalam postingannya tersebut, perempuan yang akrab disapa Mbak Tutut itu mengunggah video berisi kekhawatiran Soeharto atas serbuan produk asing.

Mbak Tutut pun menyebut, pernyataan yang disampaikan Soeharto pada tahun 1995 itu berisi imbauan Soeharto kepada generasi muda untuk selalu mencintai produk dalam negeri.

"Bapak sejak tahun 1995 sudah mengingatkan akan situasi globalisasi dimana banyak serbuan produk asing," tulis Mbak Tutut.

"Salah satu bentengnya adalah cinta produk dalam negeri, agar produsen dalam negeri tidak mati," tambahnya.

Membuktikan kekhawatiran Soeharto atas serbuan produk asing, Mbak Tutut mengunggah video sang ayah ketika menghadiri Pencanangan Gerakan Nasional Pelestarian dan Pengamalan Nilai Kepahlawanan di Surabaya pada tanggal 23 November 1995.

Dalam video berdurasi satu menit itu, Soeharto mengingatkan kepada semua pihak untuk mempersiapkan para pelajar era tahun 90-an untuk belajar.

Tujuannya ditegaskan Soeharto untuk meningkatkan rasa nasionalisme dengan mencintai produk dalam negeri sekaligus meningkatkan daya saing produk lokal.

Halaman
1234
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved