Kesehatan

Cara-cara Bantu Ibu Cepat Pulih Usai Melahirkan Pascaoperasi Secara Caesar

Melahirkan dengan metode caesar akan meninggalkan luka bekas jahitan pada si ibu hamil. Luka itu kemudian akan menimbulkan rasa nyeri.

Cara-cara Bantu Ibu Cepat Pulih Usai Melahirkan Pascaoperasi Secara Caesar
Shutterstock
ILUSTRASI Operasi Caesar 

Melahirkan dengan metode caesar akan meninggalkan luka bekas jahitan pada si ibu hamil. Luka itu kemudian akan menimbulkan rasa nyeri.

Rasa nyeri tersebut akan lebih intens dirasakan jika ibu sudah dua kali melahirkan melalui metode caesar karena dibukanya kembal jahitan daru kelahiran sebelumnya.

Dr. Ivander Utama, SpOG yang bertugas di RSIA Bunda Jakarta dan Morula IVF menuturkan, untuk luka bekas jahitan caesar biasanya akan kering setelah satu minggu pasca operasi.

Luka biasanya ditutup terlebih dulu dengan kasa yang anti air agr luka tidak basah sehingga bekas jahitan bisa cepat kering.

“Jadi pulang dari rumah sakit lukanya ditutup dulu pakai kain kasa sampai kontrol berikutnya, kalau lukanya bersih dan bagus saat kontrol sudah boleh mandi seperti biasa,” kata dr. Ivander kepada Tribunnews.com, Senin (18/11/2019).

 18 Hari Jenderal Idham Azis Jabat Kapolri, Mengapa Posisi Kabareskrim Tetap Kosong?

 ALIRAN SESAT di Kabupaten Bekasi Berkembang Pesat, Ini yang Dilakukan Pihak Kepolisian

 POLITISI Gerindra Beberkan Daftar Penistaan Agama Sukmawati Soekarnoputri,Peringatkan Agar Hati-hati

 Hanif Dhakiri Sarapan Bareng Ahok, Mantan Menteri Jokowi Ini Ungkap Sebentar Lagi Istri BTP Lahiran

Agar pemulihan lebih cepat kepada pasien yang baru saja melahirkan secara caesar dokter Ivander mengingatkan agar mengonsumnsi obat dan suplemen dengan anjuran.

Lalu, pola makan yang sehat dan mulai perlahan membiasakan badan melakukan aktivitas adalah langkah cepat membantu proses kesembuhan setelah melahirkan secara caesar.

“Tetap aktif akan membuat ibu merasa lebih sehat daripada bedrest berkepanjangan yang malahan dapat membuat ibu merasa tidak sembuh-sembuh,” ungkap dr. Ivander.

Sementara itu, jika tidak ada keluhan pasca melahirkan secara caesar biasanya pasien hanya butuh dua sampai tiga hari untuk bisa beraktivitas produktif dan mandiri walaupun rasa nyeri pada luka masih bisa terasa hingga berbulan-bulan.

 SATPAM ILEGAL Sudah Berkali-kali Dirazia Tapi Tetap Membandel, Polda Metro Jaya Ancam Beri Sanksi

“Untuk masalah nyeri atau tidak enak pada bekas operasi, kadang masih bisa dirasakan sampai beberapa bulan tapi lambat laun akan membaik, terutama bila aktifitas fisik ibu normal,” tutur dr. Ivander.

Terakhir, dr. Ivander kembali mengingatkan pentingnya melakukan persiapan jelang kehamilan untuk melakukan persiapan prakehamilan guna memastikan kesehatan kandungan terutama untuk menilai pemulihan luka bekas caesar di rahim.

“Penting bagi ibu hamil dengan riwayat caesar untuk mendapatkan informasi yang jelas seputar tindakan sesar sebelumnya, baik dalam hal indikasi, teknik operasi, hingga kesulitan yang dialami saat sesar,” pungkas dr. Ivander. (Apfia Tioconny Billy)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved