Pemerintah Akan Melakukan Penilaian Terhadap Pelayanan di Rest Area Jalan Tol

Pemerintah berencana menilai pelayanan di tempat istirahat atau rest area di jalan tol mulai pekan depan.

Pemerintah Akan Melakukan Penilaian Terhadap Pelayanan di Rest Area Jalan Tol
Gridoto.com
Rest area km360B Tol Pejagan-Pemalang, merupakan bekas pabrik gula yang direnovasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Pemerintah berencana menilai pelayanan di tempat istirahat atau rest area di jalan tol mulai pekan depan.

Penilaian ini dilakukan untuk memastikan pelayanan yang diberikan badan usaha jalan tol (BUJT) kepada pengguna jalan, berlangsung baik dan maksimal.

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat, Sudirman, mengatakan, penilaian melibatkan 53 BUJT selama 1,5 bulan.

"Penilaian dilaksanakan pada minggu depan sampai 15 November 2019. Dalam penilaian tersebut akan dilakukan review, evaluasi pakar, dan uji lapangan, hasilnya akan diumumkan pada tanggal 3 Desember 2019 saat Hari Bhakti PU," kata Sudirman, Kamis (17/10/2019).

Dianggap Generasi Sulit untuk Menabung, Berapa Harga Rumah yang Cocok Bagi Milenial?

Penilaian tersebut merujuk pada sejumlah aspek yang diatur di dalam Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 10 Tahun 2014 dan Permen PUPR Nomor 12 Tahun 2018.

Aspek itu meliputi terpenuhinya core function di ruas jalan tol, seperti aspek kelancaran, keselamatan, dan kenyamanan pengguna ruas jalan tol.

Kemudian terpenuhinya support function di rest area jalan tol berupa penerapan regulasi tentang tempat istirahat dan pelayanan jalan tol (rest area), dan terpenuhinya fungsi kebutuhan pendukung dan pelengkap di rest area.

"Dalam prinsip tersebut tentunya pendekatannya harus memiliki standar pelayanan minimal (SPM) jalan tol upaya beyond SPM yang dilaksanakan oleh BUJT baik infrastruktur responsif gender, peran serta masyarakat dan aspek sosial-budaya, serta ekonomi lokal,” katanya.

Ternyata Jack Ma Sudah Menyiapkan Diri Pensiun 10 Tahun Lalu, Ini Pengakuannya

Sudirman mengatakan, jalan tol bisa dimanfaatkan secara maksimal sebagai etalase produk lokal dan pengembangan wilayah sekitarnya.

Bahkan, rest area diharapkan dapat memberikan informasi banyak hal, seperti obyek wisata.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved