Tidak Percaya BPK, Mahfud MD Ceritakan Pengalaman Jadi Ketua MK

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengkritisi Badang Pemeriksa Keuangan (BPK).

Tidak Percaya BPK, Mahfud MD Ceritakan Pengalaman Jadi Ketua MK
Tribunnews
Kubu 01 Sebut Mahfud MD Menyerah Tanggapi Kubu 02, Dokumen Bukti KPU Tak Akan Bisa Diperiksa 

MANTAN Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengkritisi Badang Pemeriksa Keuangan (BPK). Berangkat dari pengalaman, Mahfud menilai BPK tidak memiliki guna.

Hal itu diceritakan Mahfud MD di akun twitternya @mohmahfudmd Minggu (22/9/2019) malam. Ia mengkritisi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang dikeluarkan BPK untuk lembaga pemerintah.

“Lihat primetimes news di TV One sore ini: agaknya Predikat Wajar Tanpa Perkecualian (WTP) yang dikeluarkan BPK untuk lembaga-lembaga pemerintah tidak banyak gunanya,” kata Mahfud.

SIMAK Saran Lengkap Mahfud MD Untuk Jokowi dan KPK Hingga Tanggapi Pengembalian Mandat

Ia memberi contoh penangkapan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang terjerat kasus korupsi. Padahal Kementerian tersebut berhasil meraih WDP (wajar dengan pengecualian) dari BPK dalam pengelolaan anggaran.

“Belum lagi juga ada operasi tangkap tangan (OTT) karena mau beli WTP, BPK harus ditanya terkait hal itu,” kata mantan menteri di era Gus Dur itu.

Mahfud juga menceritakan sedikit pengalamannya ketika memimpin Mahkamah Konstitusi. Saat itu kata Mahfud, lembaganya kerap menerima WTP dari BPK hampir setiap tahunnya.

“Tapi waktu ketua BPK menyampaikan itu di kantor MK, saya bilang bahwa saya tak begitu yakin kepada WTP sehinggga saya bekerjasama dengan PPATK,” kata Mahfud.

Mahfud MD Bicara Soal KPK Bukan Mandataris Siapapun Hingga Muncul Peraturan di Orde Lama

Saat itu jelas Mahfud, MK mewajibkan seluruh pegawainya melibatkan PPATK dalam mengawasi rekening dan lalu lintas keuangan pribadi.

Diberitakan Tribunnews.com sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima pimpinan dan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Kamis, (19/9/2019), di Istana Merdeka, Jakarta.

BPK yang diketuai oleh Moermahadi Soerja Djanegara dalam kunjungannya itu menyerahkan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I Tahun 2019 kepada Presiden.

Halaman
12
Penulis: Desy Selviany
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved