Sampah Plastik

Tekan Sampah Plastik di Pesisir, Muara Gembong Deklrasikan Penggunaan Tumbler dan Wadah Makan

"Nah atas masukan dari Pak Camat kita berikan tumbler dan wadah makan agar tekan sampah plastik," ujar Ceppy Agung Kurniawan.

Tekan Sampah Plastik di Pesisir, Muara Gembong Deklrasikan Penggunaan Tumbler dan Wadah Makan
Warta Kota/Muhammad Azzam
Siswa sekolah dasar di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, mendeklarasikan penggunaan tumbler dan wadah makan di sekolah, Jumat (30/8/2019). 

Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, mendeklarasikan penggunaan tumbler  atau botol minum dan wadah makan di seluruh sekolah.

Camat Muara Gembong, Junaefi mengatakan, deklarasi penggunaan tumbler dan wadah makan ini dilakukan untuk menekan volume sampah plastik di daerah pesisir.

"Muara Gembong ini kan wilayah pesisir, dan paling ujung Kabupaten Bekasi. Jangan sampah plastik ini hanyut di laut," ujar Junaefi kepada Warta Kota, Jumat (30/8/2019).

Untuk mendukung hal tersebut, pihak Kecamatan Muara Gembong selain mendapatkan dukungan dari Pemkab Bekasi juga dibantu oleh swasta soal pemberian tumbler dan wadah makan tersebut.

"Total 50 persen sekolah sudah dibagikan tumbler dan wadah makan muridnya. Kemarin SDN 02 Pantai Mekar dapat 150," ucapnya.

Cara Maksimal Mendapatkan Lebih Banyak Manfaat Vitamin D dari Sinar Matahari

Cara Melanggengkan Hubungan Romantis Baru, Tanpa Mengulang Kesalahan Hubungan Sebelumnya

Gerakan iti, kata Junaefi, optimis mampu menekan volume sampah plastik di wilayah Muara Gembong.

Junaefi mencontohkan, satu siswa mengahasilkan 5 sampah plastik tiap kali jajan. Kemudian, sampah plastik itu dikalikan jumlah siswa di satu sekolah yakni 150 siswa.

"150 kali 5 sampah plastik sehari bisa 750 kemudian dikali 30 hari total 22.500 sampah plastik dalam satu bulan, itu hanya satu sekolah," katanya.

Selain upaya tersebut, untuk warga dewasa, kata Junaefi, akan dilakukan pembinaan terkait kebersihan lingkungan dan pengurangan sampah plastik.

"Warga kita memang masih minin kesadaran. Maka kita terus beri pelatihan-pelatihan cara mengelola sampah di lingkungannya, baik sampah rumah tangga khususnya sampah plastik," kata Junaefi.

Empat jam Menjelang Festival Tenabang 2019, Sepanjang Jalan Menuju Pasar Tanah Abang Macet Parah

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved