Literasi

MocoSik Festival, Saat Buku Maupun Musik Mampu Berbagi Dalam Panggung dan Waktu yang Sama

MocoSik Festival kembali digelar untuk ketiga kalinya setelah sukses pada 2017 dan 2018. Tak hanya musik, di festival itu juga dipanggungkan buku.

MocoSik Festival, Saat Buku Maupun Musik Mampu Berbagi Dalam Panggung dan Waktu yang Sama
Dokumentasi Rajawali Indonesia
Penyanyi Tulus tampil menutup penyelenggaraan 'Prambanan Jazz Festival #5 2019' di Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (7/7/2019) malam. Tulus akan menjadi salah satu penampil di 'MocoSik Festival #3' yang digelar di Jogja Expo Center, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, 23-25 Agustus 2019. 

Festival Buku dan Musik MocoSik hadir kembali setelah sukses digelar dua tahun berturut-turut, 2017 dan 2018.

Mengusung tema 'Buku, Musik, Kamu', panggung akbar yang 'mengawinkan' dua kultur itu digelar pada 23, 24 dan 25 Agustus 2019.

Mengambil tempat sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Jogja Expo Center, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, MocoSik Festival tetap bernapaskan spirit mendekatkan buku dan musik.

Anas Syahrul Alimi, founder MocoSik Festival, mengatakan, MocoSik tidak mengarusutamakan buku melebihi musik, atau sebaliknya.

"Keduanya sama rendah dan sama tinggi. Baik buku maupun musik berbagi dalam panggung dan waktu yang sama," kata Anas Syahrul Alimi, Jumat (16/8/2019).

MocoSik adalah festival pertama di Indonesia yang mempertemukan buku dan musik di satu panggung besar.

Begini Kata Andien Aisyah Soal Jiwa Nasionalis Dalam Karya Musik

Belum Mau Hijrah, Ariel NOAH Masih Bergairah dalam Bermusik

Mencoba mendekatkan para penikmat konser kepada buku, juga sebaliknya, mengakrabkan insan literasi dan pencinta buku kepada musik.

Itulah misi literasi budaya yang diusung MocoSik.

Anas Syahrul Alimi, yang juga CEO Rajawali Indonesia --lembaga promotor yang telah berpengalaman menyelenggarakan puluhan konser musik skala nasional maupun internasional-- menyatakan, MocoSik tidak hanya menampilkan musisi ataupun penulis yang tengah naik daun.

Anas Syahrul Alimi
Anas Syahrul Alimi (dokumen pribadi)

"Yang berada sangat jauh dan sudah berkarya lebih dahulu di waktu lampau, namun tetap eksis, juga kami berikan panggung yang sama," kata Anas Syahrul Alimi.

Halaman
123
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved