Artis

Sutradara Hanung Bramantyo Kecewa Mendengar Sekelompok Orang Melakukan Razia Buku

Sutradara Hanung Bramantyo ikut kesal ketika mengetahui informasi sejumlah orang dari ormas keagamaan melakukan razia buku kiri beberapa waktu lalu.

Sutradara Hanung Bramantyo Kecewa Mendengar Sekelompok Orang Melakukan Razia Buku
Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Sutradara Hanung Bramantyo disela Gala Premier film 'Bumi Manusia' dan 'Perburuan' dan menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/8/2019) siang. 

Sutradara Hanung Bramantyo (43) ikut kecewa saat mengetahui pemberitaan sejumlah orang tiba-tiba mendatangi toko buku dan mengambil buku-buku yang dituding menyebarkan ideologi komunisme. 

"Jangan membaca buku hanya dari cover-nya," kata Hanung Bramantyo disela Gala Premier film Bumi Manusia dan Perburuan di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (10/8/2019) dini hari.

Film Bumi Manusia adalah garapan terbaru Hanung Bramantyo bersama rumah produksi Falcon Pictures, sementara Perburuan digarap sutradara Richard Oh.

Sutradara Hanung Bramantyo.
Sutradara Hanung Bramantyo. (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Kedua film yang kisahnya diangkat dari Novel Bumi Manusia (1980) dan Perburuan (1950) tulisan Pramoedya Ananta Toer itu mulai ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia pada 15 Agustus 2019.

Soal aksi pengambilan paksa buku-buku di toko buku tersebut, Hanung Bramantyo tidak sependapat dengan cara-cara tadi.

"Kalau kata orang, jangan melakukan justifikasi. Tiba-tiba ada razia buku yang mentang-mentang ada tulisan Marxisme, Lenin, terus kemudian asal diambil," ujar Hanung Bramantyo.

Bermain Peran Ibu-Anak di Film Bumi Manusia, Ine Febriyanti Sampai 30 Kali Menampar Giorgino Abraham

Memainkan Peran Hardo di Film Perburuan, Adipati Dolken: Ini Jodoh dan Berkah Buat Gue

Padahal, lanjut suami bintang film Zaskia Adya Mecca tersebut, isi dari buku-buku yang dimbil orang yang tidak bertanggung-jawab itu sebenarnya membicarakan tentang kritikan ajaran Marxisme.

"Mengapa harus ada Marxis atau Lenin. Ideologi itu dikupas di buku-buku itu. Pembaca jadi tahu. Oh Leninisme dan Marxisme itu ternyata begini dampaknya. Saya juga anti sama ajaran itu," ujarnya.

Hanung Bramantyo semakin gemas melihat aksi sejumlah orang di toko buku yang kemudian menjadi viral dan menggunakan isu agama sebagai tamengnya.

Iqbaal Ramadhan dan Mawar de Jongh, pemeran Minke dan Annelies di film Bumi Manusia, meluncurkan poster film Bumi Manusia bersama sutradara Hanung Bramantyo dan Produser Frederica, serta Angga, cucu Pramoedya Ananta Toer, di Bioskop XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019).
Iqbaal Ramadhan dan Mawar de Jongh, pemeran Minke dan Annelies di film Bumi Manusia, meluncurkan poster film Bumi Manusia bersama sutradara Hanung Bramantyo dan Produser Frederica, serta Angga, cucu Pramoedya Ananta Toer, di Bioskop XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019). (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

"Agama orang-orang yang mengambil buku itu kebetulan agama saya lagi. Nggak enak banget saya beragama itu. Saya jadi risih," jelas Hanung Bramantyo.

Halaman
12
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved