Rayakan HUT Pramuka, Ratusan Peserta Jelajah Museun hingga Gelar Karnaval Pramuka

Sebanyak 2.500 pelajar merayakan Hari Pramuka Nasional ke-58 yang digelar Kwartir Ranting (Kwaran) Cipayung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Rayakan HUT Pramuka, Ratusan Peserta Jelajah Museun hingga Gelar Karnaval Pramuka
Wartakotalive.com/Rangga Baskoro
Kegiatan Gebyar Pramuk oleh Kwaran Cipayung untuk merayakan hari Pramuka Nasional ke-58 di TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (14/8) 

Sebanyak 2.500 pelajar merayakan Hari Pramuka Nasional ke-58 yang digelar Kwartir Ranting (Kwaran) Cipayung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2019).

Acara yang mengusung tema ‘Gebyar Pramuka’, ini juga diisi dengan beragam pelombaan dan permainan.

PB Perbakin Gelar Turnamen Pemanasan Jelang SEA Games 2019

Ajang Formula E Juga Mendapatkan Dukungan Kalangan DPRD DKI karena Dinilai Ikut Memajukan Indonesia

Baru Menjabat, Kapolres Depok Aziz Andriansyah Akan Pelajari Kasus Penembakan dan Macet

Yasmine (15), salah seorang anggota Pramuka, mengaku beruntung dapat ikut andil dalam kegiatan tersebut. “Kan biasanya di TMII, kalau anggota Pramuka hanya membantu mengatur lalu lintas saja,” ujar Yasmine, Rabu (14/8/2019).

Sementara, Plt Kwaran Cipayung, Sukirno, mengatakan, kegiatan bertujuan membangkitkan Pramuka yang sudah mulai redup.

“Ada lomba untuk Pramuka siaga dan penggalang. Dan yang Penegak, kami ajak untuk jelajah museum,” ujarnya. Sukirno menjelaskan, ribuan pelajar yang ikut acara ini beradal dari 40 SD Negeri dan swasta, 20 SMP, dan 15 SMA/SMK.

Sementara itu, Plh Direktur Penelitian, Pengembangan dan Budaya TMII, Sigit Gunardjo, menambahkan, TMII merupakan satu-satunya tempat rekreasi yang mempunyai gugus depan. Karena itu, pihaknya sangat mendukung kegiatan Pramuka saat ini.

“Dengan kegiatan ini kami berharap semangat anak-anak khususnya adik Pramuka tetap semangat untuk menjaga persatuan kesatuan dan juga NKRI,” terangnya.

TMII selain menjadi rumah budaya juga merupakan rumah Bhinneka Tunggal Ika yang diharapkan jadi pintu masuk untuk kegiatan berikutnya.

Karnaval

Di tempat terpisah, peringatan HUT ke-58 Pramuka Tingkat Kecamatan Koja, Jakarta Utara dilaksanakan di halaman parkir Jakarta Islamic Centre (JIC), Jakarta Utara, Rabu (14/8).

Air Bersih Pasokan PDAM Tirta Benteng Kotor dan Banyak Cacingnya, Warga Perum Buana Gardenia Resah

Berkat BPJS Ketenagakerjaan, Korban Kecelakaan Kerja Hingga Cacat Kaki Bersyukur Bisa Bekerja Lagi

Timnas U-15 Indonesia Taklukan Myanmar 2-0, Selanjutnya Lawan Montenegro

Ketua Pelaksana HUT ke-58 Pramuka, Narimo, mengatakan acara ini diikuti sebanyak 1.500 peserta dari sejumlah sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA yang ada di Kecamatan Koja.

“Rangkaian kegiatan di acara ini antara lain Karnaval Pramuka dimulai dari JIC menuju Lagoa, lomba baris-berbaris, lomba kreativitas pramuka, lomba Senam Pramuka, donor darah, bersih-bersih di pantai, dan upacara di JIC,” ucapnya.

Sekretaris Camat Kecamatan Koja, Sarpu, meminta agar seluruh peserta terus berkreasi dan berkarya dalam wadah gerakan Pramuka. “Saya yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, dan generasi petarung,” kata Sarpu.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved