Wirausaha

Tak Mencapai Target, Program Pelatihan Kewirausahaan Terpadu DKI Perlu Evaluasi

Target menciptakan 200.000 wirausahawan baru di Jakarta bakal sulit tercapai jika program pelatihan tak dievaluasi.

Tak Mencapai Target, Program Pelatihan Kewirausahaan Terpadu DKI Perlu Evaluasi
Warta Kota
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi 

Pemprov DKI harus mengevaluasi pelaksanaan program Pelatihan Kewirausahaan Terpadu.

Pasalnya, sejak dicanangkan pada Oktober 2018 lalu, dan menggelar puluhan pelatihan, tak banyak peserta yang kemudian menjalankan program dan berwirausaha. 

Ketua Komisi B DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi mengatakan, kebijakan Pemprov DKI memberikan pelatihan kewirausahaan tidak salah. 

Namun, pelaksanaannya selama sepuluh bulan yang perlu dievaluasi. 

"Harus disiapkan dengan baik dan profesional, baik soal materinya, pematerinya, waktu yang dibutuhkan, pesertanya, dan tidak kalah penting adalah follow-up, tindak lanjutnya. Ini perlu dievaluasi dengan ketat dan profesional. Bukan sekedar menghabiskan anggaran tanpa menghitung asas manfaat," ujar Suhaimi, Jumat (2/8/2019).

Gubernur DKI Anies Baswedan lewat Peraturan Gubernur Nomor 102 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT), memberi panduan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam melaksanakan program OK OCE (ne Kecamatan One Center of Enterpreneurship) atau Satu Kecamatan Satu Pusat Kewirausahaan. 

Masuki Pensiun, Puluhan ASN di Jaksel Dapat Pelatihan Kewirausahaan

Indonesia Membutuhkan Bibit-bibit Wirausaha, Ada Penjelasan dari Bambang Brodjonegoro

Dengan program PKT yang ditujukan kepada pencari kerja dan wirausaha pemula itu diharapkan sedikitnya tercipta 200.000 wirausahawan baru di setiap wilayah Jakarta selama periode 2018-2022.

Masalah Yang Dihadapi

Program PKT diakui belum berjalan optimal. Penyebab utamanya, tidak banyak peserta pelatihan yang benar-benar mengaplikasikan ilmu dari hasil pelatihan untuk memulai usaha.

Data dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP)  Jakarta Selatan menunjukkan, dari 2.131 orang yang mengikuti pelatihan kewirausahaan selama tahun 2019 ini, hanya 176 orang (8,2 persen) yang mengajukan izin usaha.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved