Breaking News:

Wabah DBD

Pemerintah Kota Bekasi Gencarkan Aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue

Masyarakat Kota Bekasi diajak berperan serta mencegah penyebaran nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Warta Kota/Muhammad Azzam
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati. 

WARTA KOTA, BEKASI --- Masyarakat Kota Bekasi diajak berperan serta mencegah penyebaran nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Dezi Syukrawati, mengimbau  masyarakat Kota Bekasi untuk menggiatkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara rutin di lingkungannya masing-masing.

"Di bulan Januari 2019 ada 128 kasus DBD dengan satu orang meninggal. Maka harus segera diantisipasi agar kasus DBD tidak lagi bertambah," ucap Dezi kepada Warta Kota, Kamis (7/2/2019).

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegahnya adalah dengan rutin melakukan kegiatan PSN 3M Plus dan kerja bakti membersihkan lingkungan tempat tinggal.

Dia mengatakan, ada tiga upaya yang dilakukannya untuk menanggulangi DBD tahun 2019.

Pertama, secara administrasi telah ada Instruksi Wali Kota Bekasi No 440/94/Dinkes Tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanggulangan DBD serta Optimalisasi PSN.

Dinas Kesehatan Kota Bekasi  juga telah mengeluarkan Surat Edaran No 443/496/Dinkes.Gadalkit tentang Kewaspadaan Dini DBD di Kota Bekasi Tahun 2019.

Wali Kota Jakarta Selatan Ajak Warga Jadi Jumantik Mandiri untuk Tekan Wabah Demam Berdarah Dengue

Selain itu, Surat edaran No  440/479/Dinkes.Set tentang PROTAP DBD di Kota Bekasi Tahun 2019.

Serta, Surat Edaran No : 443.42/2185/Gadalkit tentang Pembentukan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J) di setiap Kelurahan Tahun 2018, sinergitas Puskesmas dan Kelurahan.

Menurut Dezi, upaya di lapangan Dinas Kesehatan Kota Bekasi telah melakukan rapat koordinasi dan evaluasi, serta mengumpulkan Kepala UPTD Puskesmas, PP DBD Puskesmas, rumah sakit se-Kota Bekasi membahas penanggulangan kasus DBD.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved