Kapasitas TPST Bantargebang Kritis, 2021 Tak Mampu Menampung Sampah DKI Jakarta Lagi

"Kapasitas TPST Bantargebang saat ini berada pada kondisi kritis. Diprediksi kapasitas TPST Bantargebang akan penuh pada tahun 2021."

Warta Kota/Muhammad Azzam
Aktivitas Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang nampak normal. Sejumlah pemulung juga sedang mengasih sisa-sisa sampah yang memiliki nilai ekonomis. 

TERKAIT menggunungnya sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, ada tiga langkah yang dilakukan untuk mereduksi sampah di lokasi pembuangan tersebut.

"Tiga langkah tersebut antara lain, peningkatan sarana dan prasarana TPST Bantargebang, yakni pembangunan Instalasi Pengolahan Air Sampah (IPAS), pembangunan gedung Pusat Riset dan Edukasi Sampah Nasional, serta cover landfill dan perapihan zona," tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam siaran tertulisnya, Selasa (15/1/2019).

Langkah selanjutnya adalah landfill mining atau menambah sampah yang kian menggunung saat ini. Kemudian dilakukan langkah terakhir, yakni membangun Pilot Project Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), sehingga sampah dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar generator pembangkit listrik.

“Arahan Gubernur, TPST Bantargebang harus dapat mengelola sampah DKI Jakarta dengan konsep ramah lingkungan dan ramah sosial,” kata Isnawa.

Dipaparkan juga, TPST Bantargebang telah beroperasi sejak tahun 1989 dan jumlah sampah yang diterima meningkat setiap tahunnya.

Pada tahun 2018, rata-rata jumlah sampah yang masuk ke TPST Bantargebang mencapai lebih dari 7.400 ton per hari. Ketinggian timbunan sampah saat ini bervariasi dari 20 meter hingga 40 meter.

"Kapasitas TPST Bantargebang saat ini berada pada kondisi kritis. Diprediksi kapasitas TPST Bantargebang akan penuh pada tahun 2021," tutu Isnawa.

"Oleh karena itu dibutuhkan terobosan berupa kegiatan pengurangan timbunan sampah pada zona serta perapihan zona. Selain itu, perlu dilakukan penambahan sarana dan prasarana,” imbuhnya.

Berikut tiga tahapan optimalisasi TPST Bantargebang yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta :

1. Peningkatan sarana prasarana

Halaman
1234
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved