Breaking News:

Lesna Purnawan: Tanpa Modal, Sukses Kembangkan Bisnis Percetakan

Peluang menjadi pengusaha lebih besar dibanding kesempatan dalam mencari kerja yang cukup banyak pesaingnya.

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor:
Istimewa
Lesna Purnawan 

WARTA KOTA, PALMERAH---Peluang menjadi pengusaha lebih besar dibanding kesempatan dalam mencari kerja yang cukup banyak pesaingnya.

Hal itu menjadi pertimbangan Lesna Purnawan (30) saat memutuskan menggeluti dunia wirausaha ketimbang melamar kerja di kantoran.

Sudah delapan tahun ini, pria kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah, 9 Maret 1988, tersebut menggeluti usaha di bidang percetakan dengan label Lesna Printing.

Baca: Vadiel Mekha: Wujudkan Wadah Kreatif Bagi Pelaku Fashion Jadi Wirausaha

"Karena dulu saya ke Jakarta tanpa modal ijazah. Saya merintis usaha ini tahun 2010, waktu itu saya masih kuliah. Sebelumnya saya sempat kerja serabutan," kata Lesna kepada Warta Kota beberapa waktu lalu.

Alasan Lesna tertarik melirik bisnis percetakan karena dibutuhkan banyak orang.

Misalnya mulai dari cetak kartu nama, undangan, buku, label, spanduk, dan lainnya.

"Awalnya (merintis) tanpa modal karena saya bermula sebagai broker. Hanya modal dari pekerjaan saja. Alhamdulillah pas saya buat sendiri bisa berkembang dan bertahan sampai hari ini," kata bapak tiga anak buah pernikahannya dengan Anie Pujiyati.

Baca: Ratusan Anak Yatim Mendapat Santunan serta Pengenalan Kewirausahaan dari HIPPI DKI

Berkat keuletan dan kerja kerasnya, saat ini Lesna Printing dari awalnya di rintis di Ciputat, Tangerang Selatan, kini telah memiliki cabang di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

"Alhamudillah kalau omzet sih kadang naik turun. Tapi rata-rata Rp 200 jutaan dapatlah per bulan. Karena mungkin belum begitu besar modalnya," katanya.

Dari usaha yang digarapnya, Lesna sekarang memiliki delapan karyawan tetap.

Baca: Permata Youth Preneur, Latihan Wirausaha buat Anak Zaman Now

"Kalau untuk yang freelance banyak tergantung dari pekerjaan jika pas ada job pekerjaan pileg dan pilkada atau saat ada kerjaan banyak, bisa puluhan orang yang bisa bekerja di sini," kata Lesna.

Dari hasil jerih payahnya membangun bisnis ini, Lesna juga bisa merampungkan studi strata 1 (S1) di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti (STIM Budi Bakti) Bekasi.

Terkait perkembangan usaha Lesna Printing, saat ini fokus pada desain, cetak stiker label, buku, brosur, dan digital spanduk.

Apa kelebihan produk usahanya ini?

"Sebenarnya hampir sama saja dengan produk usaha sejenis. Namun kami fokus pada pelayanan yang cepat dan sesuai dengan kualitas yang di harapkan customer. Selain itu juga pelayanan tanpa datang, tinggal email atau WA (WhatsApp)pesanan langsung kami kirim," katanya.

Baca: 160 Warga Ikuti Pelatihan Wirausaha Baru Industri di Kecamatan Matraman

Lesna mengatakan, memberikan pelayanan tercepat dan kualitas cetakan sesuai keinginan konsumen, serta harga yang kompetetif menjadi langkah untuk menggaet konsumen dan juga mempertahankan pelanggan tetap.

Sedangkan untuk mempromosikan dan memasarkan kreasi bisnisnya ini, Lesna memanfaatkan dunia maya, seperti website, media sosial, dan aktif di jejaring berbagai komunitas/perkumpulan.

"Selama mau berinteraksi dan menjalin silaturahmi dengan banyak orang, insya Allah banyak nilai positifnya buat kita," kata Lesna yang saat ini aktif di kegiatan organisasi sosial seperti di Paguyuban Keluarga Wonogiri (Pakari), dan Paguyuban Jawa Tengah (se-Jabodetabek).

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved