Artis

Minola Sebayang: Nama Bensu Alias Ruben Onsu Sudah Dilindungi Undang-undang

"Jadi saya jelaskan bahwa yang sekarang dilakukan upaya hukum berkaitan nama Bensu sebagai brand atau merek dari orang lain."

Minola Sebayang: Nama Bensu Alias Ruben Onsu Sudah Dilindungi Undang-undang
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Pengacara Minola Sebayang (tengah) 

WARTA KOTA, KUNINGAN --- Presenter kondang Ruben Onsu (35) angkat bicara seputar polemik nama 'Bensu', yang membuahkan gugatan ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Ruben Onsu melalui kuasa hukumnya, Minola Sebayang menggelar jumpa pers, terkait nama 'Bensu' yang dalam pemberitaan menjadi melebar seolah perebutan nama untuk persaingan bisnis.

"Jadi saya jelaskan bahwa yang sekarang dilakukan upaya hukum berkaitan nama Bensu sebagai brand atau merek dari orang lain," ucap Minola Sebayang, di Hotel Gran Melia Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2018).

Baca: Ruben Onsu Minta Hak Cipta Bensu kepada HKI

"Jadi saya jelaskan pembukaannya, berdasarkan UU No 20 tahun 2016, pasal 21 ayat 2 (a), telah mengatur permohonan merek ditolak, jika merek itu merupakan menyerupai singkatan nama orang terkenal, foto atau badan hukum yang dinamai orang lain, jika berdasarkan ketentuan tertulis dari orang tersebut," katanya lagi.

Minola menambahkan, dalam UU No 20 tahun 2016 sudah tertera bahwa pihak lain tidak bisa menggunakan nama 'Bensu' selain Ruben Onsu.

"Pasal tersebut sudah mengatur dengan jelas. Jika memang menyerupai atau nama singkatan orang terkenal, tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, kita mau jelaskan bahwa nama Bensu sudah menjadi nama atau singkatan orang terkenal," ucapnya.

"Jika melihat perjalanan karier nama Ruben Onsu atau Bensu berkarier sejak 1996, dia sudah memiliki berbagai catatan," ucapnya.

Baca: Ruben Onsu Konfirmasi Kebenaran Kabar Kartika Putri Sudah Dinikahi Habib Usman

"Nama Bensu itu sudah diberikan sejak lama oleh Aditya Gumay. Jadi nama singkatan Bensu yang sudah diberikan kepada Ruben Onsu yang sudah terkenal," katanya lagi.

Oleh karena itu, Minola menegaskan, nama 'Bensu' tidak boleh digunakan oleh siapapun, walaupun sudah dikeluarkan sertivikat dari Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Larangan tersebut, alasannya,  nama 'Bensu' sudah dilindungi oleh UU bahwa dimiliki oleh orang terkenal yakni Ruben Onsu.

Halaman
123
Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help