Pelayanan Publik

Disdukcapil DKI Jakarta Tingkatkan Pelayanan Publik, Cetak KK dan KTP Elektronik Cukup 15 Menit

Disdukcapil DKI Jakarta berkomitmen meningkatkan pelayanan pada publik, denagn memudahkan prses cetak KK dan KTP Elektronik.

warta kota/yolanda
Kepala Disdukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin mengatakan saat ini pelayanan publik ditingkatkan, seperi memudahkan proses cetak KK dan KTP Elektronik. (Foto: WARTA KOTA/YULIANTO) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Layanan yang praktis dan menyenangkan warga. Kira-kira demikian yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi DKI Jakarta.

Warga tak lagi dibuat ribet untuk mengurus berkas karena harus menunggu surat pengantar dari RT/RW.

Semua bisa dilakukan sendiri, lebih menghemat waktu, gratis, dan seluruhnya mengarah ke digitalisasi.

Hal ini dijelaskan Kadisdukcapil Provinsi DKI Jakarta Budi Awaluddin sewaktu diwawancarai manajer online Warta Kota, Dr Suprapto, Rabu (11/1/2023).

Menurut Budi, pihaknya berkomitmen untuk menciptakan pelayanan kependudukan yang mudah dan membahagiakan masyarakat.

la mencontohkan. Sekarang ini mencetak Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik hanya memerlukan waktu paling lama 15 menit.

Beragam inovasi lain pun bakal diluncurkan bertahap pada tahun ini demi melayani pencatatan sipil warga khususnya di Jakarta. Apa saja inovasi tersebut?

Baca juga: Cara Ganti Foto KTP Elektronik Secara Kilat Tanpa Pengantar RT/RW, Cuma Butuh Beberapa Jam

Berikut wawancara eksklusif Warta Kota bersama Kadisdukcapil Provinsi DKI Jakarta Budi Awaluddin yang berlangsung ruang kerjanya, Kantor Disdukcapil, Grogol, Petamburan, Jakarta Barat. Wawancara dibagi menjadi dua seri.

Inovasi apa saja yang sudah dilakukan Disdukcapil DKI Jakarta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat?

Saat ini penduduk DKI Jakarta mencapai 11,2 juta jiwa dengan berbagai macam karakter. Kami hadir mulai dari mereka membuka sampai menutup mata.

Mengingat tujuan kami memberikan pelayanan dan menyenangkan masyarakat, kami selalu melakukan inovasi. Pada awal 2022, kami memberikan layanan 15 menit dan saat itu belum ada yang berani.

Baca juga: Perekaman KTP Elektronik di Tahun 2021 Telah Mencapai 99,21 Persen, Kemendagri Melakukan Recheking

Yang diubah dari inovasi hanya pikiran dari teman-teman saja. Pola kerja yang biasa menumpuk sekarang langsung dilayani dan selesai. Inovasi tersebut diganjar penghargaan seperti Nawacita Award.

Saya disejajarkan dengan Gubernur Jawa Tengah, Bupati Dharmasraya, dan sembilan kandikdat lainnya. Alhamdulllah, kami yang terpilih karena pelayanan 15 menit tersebut. Kami juga mendapatkan Jakarta Youth Award dari komunitas yang bertepatan dengan 10 November 2022 kemarin.

Apakah layanan Disdukcapil sudah terintegrasi dengan pihak lain, rumah ibadah misalnya?

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved