Gempa Bumi

Belajar dari Cianjur, Begini Cara Mudah Buat Rumah Tahan Gempa dari Semen dan Bata

Jokowi memberi bantuan perbaikan rumah yang rusak akibat gempa bumi di Cianjur. Warga pun diharuskan membangun rumah tahan gempa.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Desy Selviany
https://dpu.kulonprogokab.go.id/
Cara membuat rumah tahan gempa 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Jokowi memberi bantuan perbaikan rumah yang rusak akibat gempa bumi di Cianjur. Warga pun diharuskan membangun rumah tahan gempa.

Diketahui Indonesia dikelilingi cincin api. Artinya, wilayah Indonesia dari Sabang hingga Marauke rentan terkena bencana gempa bumi.

Bencana gempa bumi sendiri tidak bisa dicegah atau diprediksi kapan datangnya. Sehingga, banyaknya korban jiwa dalam gempa bumi mayoritas ialah karena tertimbun reruntuhan bangunan.

Jadi, perlu bagi masyarakat Indonesia harus membudayakan membuat rumah yang aman dari gempa bukan hanya bagus secara estetika.

Rumah tahan gempa ternyata tidak melulu harus terbuat dari bahan baku kayu dan rotan. Rumah tahan gempa juga bisa dibuat dari batu, semen, dan pasir.

Syaratnya, kontruksi dan pemilihan bahan sudah sesuai dengan spesifikasi rumah tahan gempa.

Berikut Wartakotalive.com rangkum cara pembuatan rumah tahan gempa dikutip dari dpu.kulonprogokab.go.id.

Ciri-ciri fisik bangunan tahan gempa adalah memilik struktur sistem penahan gaya dinakik gempa, memiiki sistem penahan gempa, dan konfigurasi strukturnya memenuhi standar anti gempa.

Jika Ingin membangun bangunan tahan gempa, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan perusahaan jasa konstruksi berpengalaman sehingga hasilnya maksimal.

Setidaknya ada 3 hal utama yang harus Anda perhatikan, yaitu pondasi, beton, dan beton bertulang.

Pondasi

Merupakan bagian penting dari struktur sebuah bangunan. Pondasi berada paling bawah dan berfungsi menyalurkan beban ke tanah. Karena itu, pondasi harus diletakkan ke tanah dengan keras.

Kedalaman minimum untuk pembuatan pondasi adalah 60 hingga 80 cm.

Untuk faktor akurasi dari kedalaman ataupun jenis pondasi, dapat ditempuh dengan melakukan uji sondir tanah pada lokasi yang akan dibangun bangunan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved