Berita Nasional

Jenderal Listyo Sigit Tegas Tangani Kasus Sambo Cs, Kepercayaan Publik kepada Polri Kembali Naik

Tingkat kepercayaan publik terhadap Polri semakin menguat menurut survei dari lembaga Indikator Politik

Editor: Feryanto Hadi
Divisi Humas Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dianggap sebagai sosok yang mampu meningkatkan kepercayaan publik kepada Polri 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA— Tingkat kepercayaan publik terhadap Polri kembali menguat dalam dua bulan terakhir sebagaimana hasil survei Indikator Politik baru baru ini.

Pengamat Kepolisian, Edy Budiyarso mengatakan, mulai naiknya kepercayaan publik terhadap Polri lantaran sikap lugas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam melakukan penindakan hukum yang melibatkan oknum anggota kepolisian.

Seperti, kata Edy, kasus penembakan Brigadir J yang melibatkan mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo sudah menemukan titik terang.

Pertengahan Oktober Ferdy Sambo untuk pertama kali disidangkan ke pengadilan, juga para perwira lain yang terlibat obstruction of justice juga menyusul disidang kode etik dan pengadilan karena kasus pidananya

Baca juga: Komisi III DPR RI akan Gelar Raker Bersama Kapolri Buntut Kasus Tambang Ilegal Ismail Bolong

“Pimpinan Polri dibawah Kapolri Jenderal Listyo Sigit menunjukkan kelugasan dalam penindakan hukum. Publik yang awalnya meragukan ketegasan Polri terjawab sudah. Polri berbenah diri,” kata Edy kepada wartawan di Jakarta, Senin (5/12).

Tidak hanya itu, Edy menyampaikan, Kapolri menunjukan ketegasan yang sama ketika kasus dugaan jual beli narkoba jenis sabu yang melibatkan mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa terkuak ke publik.

“Lagi-lagi pimpinan Polri juga menunjukan ketegasan untuk mengungkap kasus melibatkan jenderal bintang dua secara tegas dan lugas,” ujar Edy.

Edy mengatakan, refleksi publik yang percaya dengan sikap pimpinan Polri menyelesaikan kasus hukum perwira tingginya inilah yang kemudian terpotret.

Di sana, kata Edy, publik percaya ada pembenahan internal termasuk pada perwira tinggi bintang dua yang bermasalah.

Karena kasus hukum yang melibatkan jenderal bintang dua dalam kasus FS dan TM, baru terjadi dalam sejarah 76 tahun usia Polri.

“Sehingga ada kenaikan kepercayaan seperti hasil survey Indikator Politik,” demikian Edy.

Baca juga: Tersangka Korupsi Ikuti Peringatan Harkodia bersama Firli, Masriadi: Bukti KPK Tidak Diskriminatif

Pujian dari Ketum Pemuda Muhammadiyah

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto bersyukur kepercayaan publik terhadap korps bhayangkara mulai menunjukan tren positif.

“Saya secara pribadi bersyukur bahwa kepercayaan publik mulai bagus ke Polri, karena kalau tingkat lembaga negara tidak dipercaya publik, apalagi aparat penegak hukum itu menjadi problem tersendiri,” kata Sunanto di Jakarta, Sabtu (3/12).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved