Pelda Pepen Ruspendi Beberkan Materi Pelatihan Diklat Kepemimpinan Karyawan Transjakarta

Ps Paur Diklat Dodiklatpur Rindam Jaya, Pelda Pepen Ruspendi membeberkan materi yang diberikan kepada para peserta pelatihan Diklat Kepemimpinan.

Warta Kota/Leonardus Wical Zelena Arga
Ps Paur Diklat Dodiklatpur Rindam Jaya, Pelda Pepen Ruspendi membeberkan materi yang diberikan kepada para peserta pelatihan Diklat Kepemimpinan. 

WARTAKOTALIVE.COM, PAMIJAHAN - Pejabat Sementara (PS) Paur Diklat Dodiklatpur Rindam Jaya, Pelda Pepen Ruspendi beberkan materi yang diberikan kepada peserta pelatihan Diklat Kepemimpinan Karyawan Transjakarta.

Pelatihan di Dodiklatpur Rindam Jaya Pasir Reungit, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022) tersebut sebagai bentuk keberlanjutan dari Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan oleh PT Transjakarta dengan TNI AD Kodam Jaya.

"Yang pertama, mereka diberikan tentang motivasi karena sebelumnya mereka harus semangat dulu," ujar Pelda Pepen di lokasi.

Pelda Pepen menjelaskan, hal utama yang harus diterapkan adalah mengutamakan semangat. Oleh karenanya, ia memberikan nyanyian yel-yel kepada para peserta pelatihan.

Selain itu, nyanyian yel-yel tersebut dapat membentuk suatu kekompakan dan kedisiplinan, agar para peserta pelatihan dapat sigap mengikuti agenda.

Baca juga: Ayu Thalia Menangis Bacakan Pledoi di Ruang Sidang, Memohon pada Majelis Hakim Supaya Tidak Dihukum

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggelar pelatihan Diklat Kepemimpinan Karyawan di Dodiklatpur Rindam Jaya Pasir Reungit, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022) supaya siap melayani pelanggan.
PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggelar pelatihan Diklat Kepemimpinan Karyawan di Dodiklatpur Rindam Jaya Pasir Reungit, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022) supaya siap melayani pelanggan. (Warta Kota/Leonardus Wical Zelena Arga)

"Kalau hari ini diberikan motivasi, ice breaking, kemudian jungle tracking. Jadi ada salah satunya turun tebing, pengenalan water rescue menggunakan perahu, kemudian juga halang rintang," ucap Pelda Pepen.

Pelda Pepen membeberkan alasan metode pelatihan tersebut adalah agar mental kuat dan disiplin dalam kerja sama. Lebih lanjut, Pelda Pepen menceritakan berbagai macam tantangan yang ia hadapi.

"Macam-macam ya tantangannya, karena ini kan yang dihadapi ada yang sampai 50 tahun ke atas," kata Pelda Pepen.

Dengan usia tersebut, ada beberapa peserta pelatihan yang merasa berat untuk melakukan latihan fisik.

"Jadi kami harus lebih hati-hati dalam memberikan porsi latihan," kata Pelda Pepen.

Sebagai informasi, sebanyak 825 karyawan Transjakarta mengikuti pelatihan tersebut.

Baca juga: 825 Karyawan Transjakarta Ikut Pelatihan Diklat Kepemimpinan untuk Tingkatkan Pelayanan

"Nantinya dibagi menjadi empat batch. Masing-masing batch akan mengikuti pelatihan selama tiga hari. Dan ini sudah batch kedua," ucap Kepala Divisi Sekretaris PT Transjakarta, Anang Rizkani Noor.

Kemudian Anang menjelaskan implementasi ke depannya adalah karyawan yang mengikuti pelatihan paham bahwa dalam melayani perlu kerja sama.

Lalu implementasi yang kedua, Anang memastikan agar para karyawan Transjakarta tahu bagaimana mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Ini tadi kami lihat bagaimana loyalitas kepada perusahaan dan pelanggan. Hal tersebut sudah mulai diajarkan," kata Anang.

Pantauan Warta Kota di lokasi, sekira 200 lebih peserta pelatihan tampak semangat mengikuti agenda yang telah disusun. Semangat itu terlihat dari para peserta pelatihan yang antusias menyanyikan beberapa yel-yel, dan selalu diulang-ulang.

Pejabat Sementara (PS) Paur Diklat Dodiklatpur Rindam Jaya, Pelda Pepen Ruspendi juga antusias memimpin para peserta pelatihan dalam menyanyikan yel-yel. Usai menyanyikan yel-yel, Pelda Pepen Ruspendi tampak sedang memberikan petuah positif bagi para peserta pelatihan.

Kemudian, para peserta pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok, selanjutnya menuju ke dalam hutan untuk membangun tenda guna agenda survival mereka. (m36)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved