Natal dan Tahun Baru

Musim Diskon Akhir Tahun, Pahami Trik Mendapatkan Perhatian Pengguna Digital yang Lebih Baik

Cara yang paling singkat dan sederhana untuk membuat buzz adalah dengan menggunakan Materi Iklan yang Tepat dan berdampak

Editor: Ahmad Sabran
HO
Ilustrasi Diskon Akhir Tahun 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Sale season atau musim diskon di akhir tahun merupakan momen yang menjanjikan keuntungan besar bagi merek, dan konsumen sering menunggu program diskon yang berbeda untuk memanfaatkannya secara maksimal.

Terlebih, Asia Tenggara disebut memiliki pertumbuhan penjualan eCommerce tercepat di dunia karena, pada tahun 2022 nilai penjualan ritel secara online mencapai 89,67 miliar dolar yang diperkirakan tumbuh menjadi 102,19 miliar dolar AS pada tahun 2023.

Momen diskon global seperti Thanksgiving Day, Black Friday, Shopping Day 10:10, 11:11, 12:12, Cyber Monday, dan Diskon Akhir Tahun akan segera dimulai, pemasar berkembang pesat untuk melakukan penjualan online dan brand recall yang efektif.

Country Head Xapads Media Indonesia Edo Fernando dalam siaran persnya mengatakan, besarnya sale season hadir dengan makna ekstra bagi netizen, pengiklan juga menunggunya karena mereka berusaha sebaik mungkin untuk menarik perhatian pengguna terhadap suatu merek.

"Saya percaya bahwa hal tersebut tidak hanya penting untuk dioptimalkan saat momen diskon besar, tetapi momen sale season umum yang juga datang sebagai peluang bagi pemasar untuk menjangkau target audiens yang tepat sambil membuat keputusan yang rasional dengan strategi yang tepat,” ujarnya, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Indonesia 1 Desember 2022: 54 Pasien Wafat, 6.499 Orang Sembuh, 4.977 Positif

Oleh karena itu, guna membantu pengiklan untuk dapat mengoptimalkan momen sale season, Edo menyampaikan pandangannya terkait strategi yang dapat membantu pengiklan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Srategi-strategi tersebut di antaranya:

Ciptakan Buzz dengan Materi Iklan yang Tepat:

Cara yang paling singkat dan sederhana untuk membuat buzz adalah dengan menggunakan Materi Iklan yang Tepat dan berdampak yang memunculkan konten storytelling.

Ini pembahasan yang lebih besar daripada cara pemasaran lainnya dan membuat pengguna sadar tentang USPs merek selama waktu penjualan melalui perencanaan inventaris yang efektif, seperti Iklan Multimedia, Iklan Video, dll. Ini juga memainkan peran penting dalam menarik perhatian pengguna dan melibatkan mereka dengan kampanye karena menyampaikan pesan singkat dan tajam dengan hasil yang terukur.

Deep & Deferred Deep Link Campaigns:

Strategi ini membawa pengguna 'lebih dalam' masuk ke konten merek dan semua yang ditawarkannya. Kampanye semacam ini adalah cara terbaik untuk menarik perhatian konsumen terhadap kampanye selama sale season.

Namun, satu-satunya perbedaan adalah melalui Deep Linking, pengguna dialihkan ke halaman konten masing-masing di aplikasi yang sudah diinstal.

Padahal, melalui Deffered Deep Linking, pertama-tama dia dialihkan ke play/app store untuk menginstal aplikasi dan kemudian masuk di halaman yang bersangkutan. Praktik ini tidak hanya bermanfaat untuk mendapatkan perhatian pengguna, tetapi juga mendukung kampanye akuisisi pengguna untuk membuat keputusan yang lebih bermakna.

 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved