Ini 10 Prospek Kerja Bagi Lulusan Teknik Informatika

Salah satu alasan teknik informatika menjadi jurusan favorit mahasiswa baru adalah prospek kerjanya. Berikut prospek kerja lulusan teknik informatika.

dok. freepik.com
Ilustrasi seorang web developer. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Peminat jurusan teknik informatika selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bahkan kabarnya tingkat persaingan di jurusan kedokteran pun terkalahkan oleh jurusan satu ini, dari segi jumlah pendaftar. Memangnya secerah apa sih prospek kerja lulusan teknik informatika?

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, lebih baik simak penjelasan yang akan disampaikan di bawah ini. Siapa tahu jadi lebih tertarik untuk masuk jurusan teknik informatika.

Mengenal jurusan Teknik Informatika

Informatika merupakan salah satu bidang keilmuan mengenai teknologi serta pengolahan informasi.

Keilmuan ini membahas tentang pengolahan data menggunakan teknologi komputer, memakai prinsip serta proses yang logis.

Sementara teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang fokus mempelajari tentang penerapan prinsip ilmu komputer dan analisis matematis.

Khususnya untuk perancangan, pengujian, pengembangan, serta evaluasi pada perangkat lunak atau software.

Kamu akan mempelajari juga soal website, pemrograman, serta pemanfaatan infrastruktur dan layanan seperti Hosting murah DomaiNesia untuk membangun aplikasi atau situs web.

Teknik informatika berbeda dengan jurusan lain seperti teknik komputer maupun sistem informasi. Lebih detail mengenai perbedaan tersebut bisa kamu simak di bawah ini.

  • Teknik informatika: fokus pada pengolahan data menggunakan proses logika komputer. Mata kuliahnya seputar programming dan pengembangan software.
  • Teknik komputer: lebih mempelajari tentang hardware komputer secara mendalam.
  • Ilmu komputer: lebih fokus pada teori ilmu komputer itu sendiri, porsi praktiknya lebih sedikit dibandingkan teknik informatika.
  • Sistem informasi: gabungan antara ilmu komputer dan manajemen.

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika

Salah satu alasan teknik informatika menjadi jurusan favorit mahasiswa baru adalah prospek kerjanya. Berikut ini adalah prospek kerja lulusan teknik informatika.

1. Web developer

Web developer atau pengembang web adalah profesi yang memiliki tugas untuk membuat desain, melakukan perancangan, mengembangkan, serta memodifikasi situs web. Web developer dibagi menjadi tiga jenis, yaitu fullstack, front end, dan back end developer.

Front end bertugas merancang tampilan web untuk sisi pengguna. Back end lebih fokus pada perancangan database dan arsitektur website. Sedangkan fullstack merangkap tugas keduanya.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved