Pemilu 2024

Bawaslu Gandeng Media untuk Memperkuat Langkah Pencegahan Pelanggaran Pemilu 2024

Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) menyampaikan perlunya penguatan dengan cara menggandeng insan media dalam upaya pencegahan pelanggaran Pemilu 2024.

Warta Kota/Alfian Firmansyah
Anggota Bawaslu RI Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Totok Haryono menyebutkan bahwa Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) menilai perlunya penguatan dengan cara menggandeng insan media dalam upaya pencegahan pelanggaran Pemilu 2024. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) sampaikan, dalam pemilu 2024, perlunya penguatan dengan cara menggandeng insan media.  

Salah satu bentuknya, adalah dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bawaslu dan Media Massa Nasional dalam Rangka Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024, di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (26/11/2022).

Anggota Bawaslu RI Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Totok Haryono mengatakan, pemilu dengan wartawan  memiliki keterkaitan yang sangat penting. 

"Bagian startegis yang tak terpisahkan. Pemilu dan wartawan bagaikan ikan dan air, bagaimana pemilu berjalan, tapi tanpa ada wartawan," ucap Totok, dalam sambutannya, di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Sabtu (26/11/2022).

"Kedatangan teman-teman ke Jatim hari ini bagian dari untuk melekatkan emosional, dalam merancang kerangka strategis agar pemilu 2024 lebih nyaman, aman dan lebih baik dari pemilu sebelumnya," tambah Totok. 

Baca juga: Usai Ikuti Acara Nusantara Bersatu, Bus Relawan Jokowi Tertimpa Pohon Tumbang di Bekasi

Baca juga: Arus Lalin Mulai Lancar Usai Acara Nusantara Bersatu Bubar, Sampah Berserakan di Sekitar GBK

Selain itu, Totok menyebutkan, tanggung jawab insan media dalam pemilu sama halnya dengan Bawaslu.

"Wartawan sama Bawaslu sama, Sama-sama memiliki tanggung  jawab terhadap UU, Tanpa wartawan, kejanggalan, kekurangan pemilu tidak bisa terevaluasi," ujar Totok. 

Sementara itu, Totok berharap insan media  bisa bekerjasama dengan Bawaslu pengawasan pemilu yang akan datang. 

"Konsep Bawaslu ke depan adalah gotong royong untuk mengedepankan pencegahan, Bawaslu yang paling baik adalah Bawaslu yang mampu meminimalisir pelanggaran," tutup Totok. Alfian Firmansyah (M32)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved