Formula E

Jakpro Tegaskan Audit Laporan Keuangan Formula E Dilakukan Kantor Audit Publik, Bukan BPK

PT Jakpro tegaskan audit laporan penyelenggaraan Formula E/Jakarta Eprix dilakukan kantor audit publik, bukan BPK

Doc: PPID DKI Jakarta
Ilustrasi - Penyelenggaraan Formula E lagi diaudit kantor akuntan publik bukan BPK foto saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan secara langsung proses pemindahan dan pengemasan mobil balap Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) oleh penyelenggara Jakarta E-Prix pada Minggu (5/6/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menegaskan bahwa audit laporan keuangan Jakarta E-Prix 2022 saat ini sedang berlangsung.

Audit dilakukan oleh lembaga independen atau Kantor Akuntan Publik (KAP), bukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sesuai informasi sebelumnya.

"Audit keuangan Jakarta E-Prix 2022 masih berlangsung oleh KAP," ujar VP Secretary JakPro, Syachrial Syarif berdasarkan keterangan yang diterima Wartakotalive.com, pada Sabtu (5/11/2022).

Menurut Syachrial, sesuai laporan inhouse, penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022 oleh JakPro mencatatkan laba sebelum pajak sebesar Rp 6,41 miliar.

Laba tersebut telah memperhitungkan semua pendapatan dan beban cash maupun non-cash, termasuk kewajiban yang masih outstanding hingga 30 September 2022.

Baca juga: Jakpro Berdalih Hasil Audit Formula E Rampung Bulan Depan

Syachrial menjelaskan, selanjutnya JakPro menunggu hasil audit yang dilakukan KAP independen yang diperkirakan selesai akhir tahun 2022 ini.

"Jadi kami sampaikan kembali bahwa Rp 6,41 miliar merupakan laba dalam penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022," tegas Syachrial.

Warganet membagikan kisahnya yang dapat menonton Formula E Jakarta 2022 dari balkon rumahnya.
Warganet membagikan kisahnya yang dapat menonton Formula E Jakarta 2022 dari balkon rumahnya. (Hasil tangkapan layar Instagram/@kisahsemangat)

Di mana nominal tersebut sudah memperhitungkan keseluruhannya, termasuk pemenuhan kewajiban-kewajibannya.

Syachrial mengatakan, sedangkan kewajiban kepada Jaya Ancol telah dilakukan pada Bulan Agustus 2022 lalu.

Diketahui, audit merupakan review laporan keuangan sebuah perusahaan atau bisnis yang dilakukan secara independen dan obyektif.

Baca juga: Tak Terpengaruh Tudingan Miring saat Sidik Perkara Formula E, Firli Bahuri: Kerja KPK Profesional

Tujuan dilakukannya audit adalah untuk memberi kepastian bagi setiap pemangku kepentingan bahwa laporan keuangan yang dibuat sudah akurat, lengkap, dan sejalan dengan standar ketentuan audit.

"Diingatkan kembali bahwa berdasarkan hasil kajian lembaga kredibel dan independen Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) meriset bahwa Jakarta E-Prix 2022 membawa dampak langsung terhadap investasi konstruksi, operasional penyelenggara, dan pengeluaran pengunjung," jelas Syachrial.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dampak langsung penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022 adalah semua agregat pengeluaran yang mengakibatkan terselenggaranya Jakarta E-Prix 2022.

Syachrial membeberkan komponen dampak langsung terdiri dari investasi konstruksi (capital expenditure), operasional penyelenggaraan (operational expenditure), dan total pengeluaran pengunjung.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved