Warta Bisnis

Pentingnya Membangun Relasi via Media Sosial agar Usaha Makin Berkembang

Program #MakinCakapDigital sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 yang lalu, berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital

Editor: Feryanto Hadi
ist
Kemenkominfo bersama siberkreasi telah menyelenggarakan kegiatan webinar yang ke-44 pada Senin (31/10/2022) dengan mengambil tema 'Tips Digital, Membangun Interaksi via Sosial Media' 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Kemenkominfo bersama siberkreasi telah menyelenggarakan kegiatan webinar yang ke-44 di bulan Oktober untuk kelompok masyarakat dan komunitas di wilayah Sumatera

Adapun tema dalam webinar yang digelar pada Senin (31/10/2022) tersebut mengambil tema 'Tips Digital, Membangun Interaksi via Sosial Media'

Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.300 orang, menghadirkan narasumber Lusi Ayu Daningsih, Duta Kampus UNPI Cianjur & Praktisi Literasi Digital; Denisa Nur, Head of RnD Urban Sakola & Praktisi Literasi Digital; serta Aji Kresno, Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital, sebagai narasumber.

Dalam webinar tersebut, Lusi Ayu membahas mengenai tips membangun interaksi via sosial media berbasis potensi lokal ditinjau dari perspektif cakap digital.

"Empat manfaat yang harus diketahui kenapa interaksi itu penting. Pertama, dengan interaksi mampu membuat konsumen lebih yakin terhadap usaha kita. Kedua, interaksi dapat membantu mengembangkan usaha kita dengan mendapatkan masukan. Ketiga, menjadi penjaga kualitas kepuasan pelanggan. Terakhir, dapat meningkatkan penjualan," papar Lusi Ayu.

Baca juga: Literasi Digital Kominfo, Berbagi Ilmu Soal Konsep SEM

Denisa Nur memperkaya pembahasan mengenai tips membangun interaksi via sosial media ditinjau dari perspektif etis digital. 

"Tiga  etika yang perlu dipahami dalam membangun interaksi dengan pelanggan via sosial media. Pertama, selalu menggunakan tutur kata yang sopan setiap berkomunikasi dengan pelanggan. Kedua, selalu memulai dengan mengucap salam. Ketiga, selalu memberikan informasi yang benar dan jujur ”, ujar Denisa Nur.

Aji Kresno melengkapi pembahasan mengenai tips membangun interaksi via sosial media ditinjau dari perspektif pilar aman digital.

“Dua tips aman dan nyaman dalam membangun interaksi dengan pelanggan. Pertama, tidak sembarang dalam memberikan informasi peribadi dan selalu jaga keamanan akun Anda dengan secara berkala update password dan mengaktifkan keamanan berjenjang , papar Aji Kresno.

Seperti diketahui, pada awal 2022 Hootsuite dan We Are Social melaporkan jumlah pengguna internet Indonesia telah mencapai 204,7 orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Ini Dampak Adanya BTS 4G BAKTI Kominfo untuk Masyarakat 3T Menurut Pandangan Pengamat Ekonomi

Masifnya kemajuan teknologi ini mampu memberikan potensi resiko seperti penipuan online seperti Hoax dan Cyber Bullying, oleh karena itu peningkatan penggunaan teknologi harus di imbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mempuni.

Survey Nasional yang dilakukan tahun lalu menemukan jika saat ini indeks literasi digital Indonesia masih berada pada angka 3,49 dari skala "5 atau masih kategori sedang belum mencapai kategori baik. Hal ini perlu terus ditingkatkan untuk membekali peningkatan kapasitas literasi digital”, ujar Dirjen APTIKA KOMINFO, Samuel Abrijani Pengerapan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai pengemban garda terdepan dalam memimpin upaya percepatan transformasi digital bangsa Indonesia memiliki tugas sebagai regulator, fasilitator, dan akselerator, dalam rangka menjalankan mandat tersebut terkait dengan pengembangan SDM Kemenkominfo bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah melakukan literasi digital kepada lebih dari 14,6 juta orang.

Dalam perjalanannya Program #MakinCakapDigital sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 yang lalu, berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan 4 (empat) pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved